Jakarta (ANTARA News) - Komisi IV DPR RI mendorong tenaga bantu yang terdapat di berbagai kementerian yang terkait dengan bidang pangan dan kehutanan dapat diangkat melalui formasi calon pegawai negeri sipil menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Kami harapkan tenaga harian lepas dapat diangkat statusnya menjadi CPNS atau ASN," kata Ketua Komisi IV DPR RI Edy Prabowo di Jakarta, Rabu.

Namun, Edy juga mengingatkan bahwa berdasarkan UU ASN, pengangkatan itu tidak bisa otomatis tetapi harus melalui tes yang diselenggarakan terbuka oleh pemerintah.

Untuk itu, pihaknya menginginkan tiga kementerian yang menjadi mitra Komisi IV DPR dapat segera mengusulkan formasi untuk tenaga harian lepas dan tenaga bantu di instansinya masing-masing kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Kepegawaian Negara.

Ketiga kementerian yang menjadi mitra tidak hanya itu, Komisi IV juga meminta KemenPAN-RB segera menindaklanjuti usulan formasi CPNS/ASN bagi tenaga harian lepas tenaga bantu di tiga kementerian yang menjadi mitra kerja Komisi IV DPR RI adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sebelumnya, Komisi IV DPR RI juga telah menyatakan menginginkan penyuluh perikanan, yang terdapat di daerah, menjadi ASN.

"Komisi IV DPR RI sepakat dengan KKP untuk tidak melakukan pengurangan terhadap penyuluh perikanan bantu sejumlah 2.500 orang," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena di Jakarta, Senin (22/1).

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018