Jakarta (ANTARA News) - Apple mengatakan bahwa semua perangkat Mac dan iOS-nya rentan terhadap Meltdown dan Spectre.

Namun, Apple mengatakan telah merilis mitigasi di iOS 11.2 yang melindungi unit iPhone, iPod touch dan tablet iPad dari Meltdown. Sementara Apple Watch tidak berisiko karena menjalankan watchOS.

Meltdown dan Spectre mulai banyak dibicarakan, sejak peneliti keamanan siber di Project Zero menemukannya. Dua celah keamanan serius tersebut menyerang prosesor yang digunakan pada perangkat seluler seperti smartphone Android dan iOS.

(Baca juga: Mengenal bugs Spectre dan Meltdown)

Apple mengatakan bahwa meski ada kekhawatiran dari pengguna, pembaruan ini belum memperlambat kinerja perangkat Apple yang menjalankannya.

Pembaruan lainnya akan dirilis untuk melindungi browser Safari dari dua celah keamanan tersebut. Apple mengatakan bahwa update ini bisa memperlambat browser, namun tidak lebih dari 2,5 persen.

Apple mengatakan saat ini belum ada kode yang menyerang keamanan sistem operasinya yang berdampak pada pengguna.

Apple juga menambahkan akan menurunkan aplikasi yang mencurigakan untuk menonaktifkan Meltdown atau Spectre. Apple merekomendasikan pengguna iOS dan Mac untuk menginstal aplikasi dari sumber terpercaya saja, seperti App Store, demikian Phone Arena.




Baca juga: Mengatasi bugs Spectre dan Meltdown

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018