Semarang (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Michelin Indonesia (produsen ban mobil, sepeda motor, dan pesawat terbang) berkomitmen membidik konsumen yang peduli dengan unsur "safety" atau keselamatan berkendara.

"Tim kami selektif dalam memilih toko dan distributor untuk memasarkan produk Michelin," kata Sales Director for 2W Division PT Michelin Indonesia Bayu Surya Pamugar Sugeng di Semarang, Kamis.

Hal tersebut diungkapkannya di sela pengenalan Michelin City Grip Pro, produk ban Michelin untuk sepeda motor bebek dan "matic" dengan desain dan teknologi terbaru untuk berkendara.

Michelin, kata dia, memastikan toko atau distributor yang menjadi "partner" bersedia menyampaikan mengenai kualitas dan fungsi ban dalam unsur "safety" berkendara di jalan raya, bukan sekadar menjual.

Menurut dia, 100 persen produk Michelin dihadirkan dengan tipe "tubeless" atau tanpa ban dalam yang pangsanya secara nasional baru 25 persen dibandingkan tipe "tube" yang menggunakan ban dalam.

"Kalau di daerah Jawa, ban tipe tubeless mungkin sudah memiliki pangsa pasar 50 persen. Michelin menghadirkan produk tubeless dengan harga yang tidak murah juga," katanya.

Untuk produk Michelin City Grip Pro, lanjut dia, baru masuk ke pasar para awal tahun, sekitar Februari sampai dengan Maret 2016, sementara untuk pasar di Jawa Tengah dan DIY dimungkinkan baru mulai April lalu.

Namun, dia mengatakan bahwa produk ban sepeda motor terbaru Michelin itu sekarang sudah tersedia di toko-toko terpilih di wilayah Jateng dan DIY sehingga masyarakat bisa membeli dan merasakan keunggulannya.

Maka dari itu, kata dia, Michelin tidak akan muluk-muluk mematok target ekspektasi pemasaran produk terbarunya, tetapi optimistis pertumbuhan penjualan bannya di atas pertumbuhan sepeda motor.

"Pertumbuhan sepeda motor tertinggi adalah Jawa Timur, diikuti Jakarta dan Jawa Barat. Baru setelah itu Yogyakarta dan Jateng, khususnya Semarang. Jateng dan Yogyakarta masuk lima besar pasar," katanya.

Mengenai unsur "safety", kata dia, tidak selalu identik dengan kalangan berduit sebab sudah banyak pengojek yang memakai produk Michelin yang membuktikan mereka peduli dengan unsur "safety".

"Hasil uji tes oleh TUV Rheinland memberikan gambaran kualitas Michelin City Grip Pro dibanding produk kompetitor sejenis. Teknologinya sangat cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia," katanya.

Produk ban sepeda motor terbaru Michelin itu dilepas di pasaran di kisaran harga Rp200 ribu.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016