Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan all-new BMW X1 telah meluncur dengan penampilan tegas dan performa yang lebih kokoh.

Kendaraan kompak sporty itu merupakan rakitan lokal yang dirakit di Production Network 2, Gaya Motor, di Sunter, Jakarta.

"Di Production Network 2, Gaya Motor, kami memproduksi hingga 12 unit the all-new BMW X1 perhari (selama delapan jam). Peluncuran lini produksi the all-new BMW X1 sangat didukung oleh para ahli dari pabrik BMW di Jerman. Mereka memberikan pelatihan pada proses perakitan dan kontrol kualitas selama 2 bulan," kata BMW Production Network 2 Management Production Partner for Indonesia Albert Reichl, di Pabrik Gaya Motor, Jakarta, Rabu.

Sekitar 90 pekerja melakukan perakitan kendaraan all-new BMW X1 serta model BMW lainnya seperti BMW X3, BMW X5, BMW seri 3, dan BMW seri 5.

Menurut Presiden Direktur PT Gaya Motor Ary Mariano, satu produk all-new BMW X1 dirakit dalam kurun waktu sekitar 2,7 hari.

"Terdapat 37 pos untuk perakitan all new BMW X1 dan seri BMW lainnya. Setiap pos kira-kira membutuhkan 36 menit sehingga untuk menjadi satu produk diperlukan waktu sekitar 2,7 hari," jelas Ary.

Ia menambahkan, pekerja yang melakukan perakitan kendaraan BMW di pabrik tersebut telah lolos kualifikasi tertentu dari BMW serta telah menjalani pelatihan untuk tipe-tipe tertentu di Jerman.

Sejak tahun 2011 BMW Group Indonesia terus menambah aktivitas produksinya di Indonesia.

"Kami sangat puas dengan kemitraan bersama Gaya Motor, dengan mengaplikasikan standar tinggi pada proses, kontrol kualitas, dan tingkat keselamatan pekerja. Hal ini memastikan seluruh kendaraan BMW yang di rakit di Indonesia memiliki standar tinggi khas kendaraan  premium yang berkualitas tinggi sesuai dengan ekspektasi pelanggan kami di Indonesia," ujar President Director BMW Group Indonesia Karen Lim terkait proses perakitan BMW di Indonesia. 

All-new BMW X1 hadir dalam dua varian, yakni BMW X1 sDrive18i dan BMW X1 sDrive18i xLine. Bagian eksterior dari varian xLine dilengkapi BMW kidney grille dengan kisi-kisi yang terbuat dari aluminium pada bagian depan. 

Model ini dilengkapi dengan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga maksimum hingga 136 hp pada 4.400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada putaran 1.250 rpm. The all-new BMW X1 dapat melaju 0-100 km/jam dalam waktu 9,7 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 18.9 km/l serta emisi CO2 124 g/km [sesuai dengan siklus tes rata-rata EU].


Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016