Jakarta (ANTARA News) - Saat ditanya kapan Oculus akan menambahkan dukungan Mac untuk Rift, Palmer Luckey sebagai sang pendiri Oculus menjawab: "Ketika Apple merilis komputer yang baik."

Menurut Luckey, saat ini Mac tidak memiliki kekuatan grafis untuk menjalankan sesuatu seintensif piranti permainan kenyataan maya (virtual reality/VR) pada Rift.

Bahkan, yang paling kuat saat ini Mac Pro, dengan dual AMD FirePro D700 GPU, dinilai Luckey masih kalah dengan single NVIDIA GTX 970, yang merupakan persyaratan minimum untuk mendukung Rift pada komputer personal (PC).

Apple tidak memprioritaskan sarana permainan (game) di Mac dimana semua mesin saat ini tidak dapat diperbarui sistemnya oleh pengguna, sehingga siapa pun tidak bisa secara mudah memasang kartu grafis yang lebih kuat, seperti yang bisa dilakukan untuk Mac Pro yang lebih tua.

Bahkan, Luckey berargumen, jika Oculus menambahkan dukungan perangkat lunak untuk OS X, maka tidak ada mesin yang akan mampu mendukungnya.

GSM Arena melaporkan, baru-baru ini Apple telah menunjukkan minat pada VR, namun tanpa dukungan piranti keras yang mumpuni, maka hal itu nampaknya akan sia-sia belaka.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016