Jakarta (ANTARA News) - Nissan Motor Indonesia menggelar kompetisi desain fashion MarchInVashion 2016 untuk mencari talenta baru di bidang mode.

"Kami ingin mendekatkan diri dengan komunitas. Pemakai Nissan March kebanyakan perempuan, jadi kami mencari media yang paling dekat, yaitu fashion," kata General Manager Strategy Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, MarchInVashion 2015 telah diikuti oleh 500 perancang amatir yang mengirimkan sekitar 900 rancangan. Budi mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan partisipasi 1.500 rancangan dari jumlah peserta yang berlipat ganda.

Kompetisi ini berlangsung dari 18 November 2015 hingga 28 Maret 2016 untuk peserta berusia antara 18-35 tahun. Peserta dapat mendaftarkan diri di www.marchinvashion.com kemudian mengunggah hasil karyanya di sana.

Para dewan juri terdiri atas perancang Dana Maulana dan Liza Masitha dari label Danjyo Hiyoji, wirausahawan ritel fashion Cynthia Wirjono, penata mode Ajeng Dewi Svastiari dan fashion blogger Diana Rikasari. Mereka akan menyeleksi sembilan finalis terbaik yang akan dikarantina selama beberapa hari untuk diberi pelatihan fashion sebelum pengumuman final.

Liza mengungkapkan kriteria dalam menyeleksi peserta, di antaranya adalah kematangan konsep, bisa dieksekusi dengan baik dan ide orisinal. Dia juga harus memastikan peserta benar-benar siap untuk mengembangkan kemampuannya di industri mode, tidak hanya bisa merancang, tapi juga sukses dalam memasarkannya.

Sementara itu, Diana akan mencari perancang yang dapat merepresentasikan desain busana ke mobil sehingga dapat menjadi koleksi kesatuan yang tidak terpisah. Para peserta harus bisa membuat rancangan yang terlihat bagus dalam bentuk busana maupun desain mobil yang trendi.

"Karena kadang ada yang di baju bagus, tapi pas ke mobil kok aneh," ujar Diana.

Juara pertama akan mendapatkan satu unit Nissan March dan beasiswa program fashion di luar negeri, juara kedua mendapat beasiswa dan uang tunai Rp25 juta, juara ketiga mendapat beasiswa dan uang tunai Rp15 juta dan finalis favorit mendapat uang tunai senilai Rp10 juta.

Para finalis lain akan meraih hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta dan trofi penghargaan. Perancang diajak berkreasi dengan tema "Inspiration Du Jour" untuk merepresentasikan rancangan trendi masa kini. Mereka juga dapat merancang berdasarkan inspirasi dari tiga karakter Nissan March, yakni Urban Ruby Red, Natural Pearl White dan Lively Sky Blue.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015