Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan otomotif asal Jepang, Honda, terus mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang sesuai dengan perkembangan standar dunia, kata Chief Engineer of Power Train Honda Research and Development Indonesia, Kazuhiro Akima.

"Namun tidak hanya karena standar dunia, pengembangan teknologi itu juga didasari dari semakin langkanya bahan bakar, aspek lingkungan dan faktor ekonomi," katanya dalam Indonesia International Automotive Conference ke-10, Tangerang, Banten, Selasa.

Dalam konferensi yang di gelar di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 itu, ia mengatakan bahwa pengembangan yang kini dilakukan Honda akan bermanfaat untuk industri otomotif dunia termasuk di Indonesia.

Honda terus melakukan peningkatan efisiensi powertrain, pengurangan energi berkendara dan pengembangan pemakaian Hybrid.

Dalam konferensi tersebut, Kazuhiro memaparkan berbagai teknologi ramah lingkungan besutan Honda, antara lain teknologi mesin, Continously Variable Transmission (CVT), hybrid, light weighting dan teknologi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Namun, Kazuhiro masih mempertanyakan kesiapan infrastruktur dan ketersediaan bahan bakar yang sesuai dan memadai di Indonesia.

Tetapi secara keseluruhan, lanjutnya, selain infrastruktur, masyarakat juga harus siap dengan mobil ramah lingkungan dan membuang pikiran yang menganggap remeh kendaraan ini.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015