Ternate (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate menggelar konvoi komunitas Electric Vehicle (EV) dalam momentum Hari Pelanggan Nasional.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula saat dihubungi ANTARA, Rabu, mengatakan, Hari Pelanggan Nasional 2024 menjadi momentum PLN untuk memperhatikan dan memberikan apresiasi kepada pelanggannya.

Kegiatan bertemakan Electrifying Lifestyle itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2024.

"Sekaligus momentum untuk menegaskan kembali produk dan layanan PLN di tengah masyarakat luas. Tentu saja ini bertujuan agar pelanggan lekat dengan pelayanan yang kami hadirkan," ujar Awat.

Baca juga: PLN meresmikan nama baru perkuat layanan di Madura

Electrifying Lifestyle atau gaya hidup serba listrik menjadi agenda utama dalam kegiatan kali ini. Melalui UP3 Ternate, PLN melibatkan pengguna kendaraan listrik sekaligus mengampanyekan penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, terdapat pula demo masak menggunakan kompor induksi yang dipamerkan dalam event tersebut.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk bisa meningkatkan green energy di semua sektor," sambungnya.

Adapun rangkaian Hari Pelanggan Nasional 2024 ini diawali dengan dilepasnya konvoi Electric Vehicle oleh Panitia Penyelenggara PLN UP3 Ternate. Pengguna kendaraan mobil maupun motor hingga sepeda listrik turut bergabung dalam konvoi itu.

Sementara itu, Senior Manager Niaga dan Manejemen Pelanggan PLN UIW MMU, Maman Sulaeman juga tak mau ketinggalan rombongan konvoi.

Baca juga: PLN: Transisi energi komponen penting kelangsungan hidup manusia

Rangkaian peringatan HPN 2024 sudah berlangsung sejak sepekan lalu. Banyak doorprize yang dibagikan ke pelanggan melalui kegiatan yang mempromosikan kendaraan listrik, demo masak dan peragaan electrifying lifestyle lainnya, serta kampanye konversi kendaraan BBM menjadi motor listrik.

PLN ingin memperkenalkan kepada masyarakat terkait keberadaan kendaraan listrik. PLN UP3 Ternate turut menggandeng pemerintah daerah, yakni Forkopimda, diler, dan masyarakat Kota Ternate.

“Di hari pertama tepatnya tanggal 4 September 2024, PLN melakukan door to door ke pelanggan terutama para stakeholder, yakni pimpinan daerah juga beberapa perwakilan pelanggan. Terima kasih juga atas dukungan selama ini untuk PLN,” ujar Maman Sulaeman.

Baca juga: PLN Jakarta tambah 1.000 tiang listrik jadi "charger" kendaraan

Dia menegaskan, untuk penggunaan kendaraan sangat aman. Selain bahan bakar yang murah, kendaraan listrik ini juga bisa diisi daya di rumah maupun menggunakan SPLU yang ada di Kantor PLN UP3 Ternate.

Saat ini, di UP3 Ternate sudah tersedia sebanyak 20 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Maman juga meminta masyarakat, untuk bisa memberikan harapannya untuk PLN ke depan, sehingga perusahaan BUMN ini bisa lebih baik lagi.

“Kita juga lakukan pengenalan Electrifying Lifestyle Electric Vehicle (EV) ke masyarakat, yang ada di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Tadi juga ada demo kompor induksi yang aman untuk digunakan para ibu rumah tangga, jadi tidak perlu repot-repot beli bahan bakar untuk memasak karena tinggal dinyalakan saja kompornya,” sebut Maman.

Sampai saat ini, jumlah kendaraan listrik di Ternate mulai bertambah.

“Untuk mobil estimasinya sudah ada 10-15 mobil listrik, dan motor serta sepeda listrik kurang lebih sudah di atas 50 unit. Intinya penggunaan kendaraan listrik sangat aman dan tidak kesulitan mencari bahan bakar. Makanya kita gandeng dealer-dealer mobil, motor dan sepeda untuk memperkenalkan kendaraan listrik,” pungkas Maman.

Baca juga: PLN-Ajinomoto teken kerja sama REC kurangi emisi Karbon

Baca juga: PLN IP lakukan aksi pemulihan terumbu karang di Taman Laut Pandanan
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024