Jakarta (ANTARA News) - Mercedes-Benz Indonesia meluncurkan SUV versi terbaru GL-Class yang pertama kalinya dirakit di Indonesia.

Dari siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Selasa, menyebutkan bahwa Indonesia dan India merupakan dua negara yang merakit GL-Class di luar pabrik utama Mercedes-Benz SUV di Tuscaloosa, Amerika Serikat.

"Tahun ini, Mercedez-Benz Indonesia untuk pertama kalinya memulai perakitan lokal GL-Class di Indonesia, dimana hal ini merupakan respon bagi pertumbuhan ekonomi yang kuat dan untuk memenuhi peningkatan permintaan SUV premium di Indonesia," kata Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia, Claus Weidner.

Sejak tahun 1981, Mercedes-Benz Indonesia telah merakit secara lokal kendaraan unggulan, mulai dari C-Class, E-Class, S-Class dan M-Class hingga GL-Class tahun ini di pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

"DGL 350 CI merupakan terobosan baru di segmen SUV premium berkat teknologi canggih mesin diesel yang terkenal dengan performa, efisiensi dan daya tahan mesin terbaik," kata Stephan Moebius, Sales and Marketing Director of Passenger Cars Mercedes-Benz Indonesia.

Mesin diesel Mercedes-Benz memiliki emisi rendah, penghematan bahan bakar, torsi lebih besar dan perawatan yang mudah.

"GL 350 CDI memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dengan konsumsi bahan bakar hanya 7.9l/100km, dan figur emisi yang rendah yaitu 209g CO2/km," kata Stephan.

Dilengkapi mesin diesel turbo 3.0-silinder yang menghasilkan 258 hp dan torsi 620Nm, GL 350 CDI memiliki performa maksimum untuk digunakan di dalam maupun luar kota.

Dari sisi eksterior, mobil ini menunjukkan desain bodi yang sporty dan powerful berkat AMG Exterior Sports package yang menjadikan kendaraan ini memiliki karakter dinamis.

Sementara dari segi interior, 7 kursi yang dimiliki GL 350 CDI memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi penumpang berkat kabin yang luas dan mewah dengan material kombinasi kulit dengan semi grain burr walnut wood trim.

Untuk keamanan, GL-Class terbaru memiliki beberapa fitur untuk pengendalian dinamis dan aman seperti ESP, The Electronic Traction System 4ETS, Crosswind Assist, ASR, dan the anticipatory safety concept PRE-SAFE, serta dilengkapi dengan Attention Assist, yaitu sistem keamanan yang dapat mendeteksi gejala mengantuk berdasarkan perilaku pada setir.

Active Parking Assist termasuk fitur PARKTRONIC, juga memiliki kontribusi besar untuk keamanan dan kenyamanan berkendara, dengan memandu pengemudi menemukan tempat parkir pararel yang ideal dan membantu saat masuk dan keluarnya mobil dalam proses pemarkiran kendaraan.

"Mercedes-Benz optimis akan pertumbuhan pasar SUV premium di Indonesia, terutama dengan kehadiran GL 350 CDI terbaru," ujar Weidner.(*)
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013