Beijing (ANTARA) - Festival Film Internasional Beijing (Beijing International Film Festival/BJIFF) ke-14 dibuka pada Kamis (18/4) di Beijing, ibu kota China, menyambut para sineas baik dari dalam maupun luar negeri untuk mendiskusikan perkembangan film dan mempromosikan pertukaran budaya di industri tersebut.

Para anggota dewan juri untuk Tiantan Award ke-14 tahun ini, yang diketuai oleh sutradara asal Serbia Emir Kusturica sebagai presiden juri, hadir dalam upacara pembukaan BJIFF.

Total 1.509 film dari 118 negara dan kawasan telah mengajukan aplikasi, dengan 15 film yang terpilih akan bersaing untuk memperebutkan Tiantan Award tahun ini.

Brasil diundang menjadi tamu kehormatan tahun ini, karena 2024 menandai peringatan 50 tahun terbentuknya hubungan diplomatik antara China dan Brasil.

Sebanyak empat film Brasil yang mencerminkan keragaman budaya dan regional telah dipilih untuk diputar di BJIFF tahun ini.

Dalam acara yang akan berlangsung selama sembilan hari tersebut, lebih dari 250 film domestik dan internasional akan ditayangkan di 27 bioskop di Beijing serta dua wilayah tetangganya, Kota Tianjin dan Provinsi Hebei.

Pertama digelar pada 2011, BJIFF bertujuan untuk meningkatkan pertukaran antara para pemain industri perfilman global.

Festival tersebut semakin menarik perhatian internasional berkat pasar film China yang sedang berkembang pesat.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024