Jakarta (ANTARA News) - Subaru yang turut dalam Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013) membukukan penjualan pasti 98 unit mobil, dengan Subaru XV dan Subaru Forrester yang mendominasi. 

"Kurang dua lagi, maka genap 100 unit dipesan. Dari angka itu, masing-masing 40 persen disumbang Subaru XV dan Subaru Forrester," kata National Sales Manager PTTC Subaru Indonesia, Bahyu Pranoto, pada malam terakhir IIMS 2013, di arena Pusat Eksposisi Internasional Jakarta, Minggu malam. 

Bisa dibilang, angka demikian menjadi capaian tersendiri bagi Subaru, merek mobil berpenggerak empat roda sepanjang waktu (all-wheel drive) yang pasarnya sangat segmented

Hingga saat-saat terakhir pameran otomotif itu berlangsung, negosiasi antara calon konsumen mobil baru masih berlangsung di banyak gerai peserta IIMS 2013. Para petugas penjualan sibuk menjelaskan berbagai aspek tentang mobil yang diincar konsumen, termasuk skema pembayaran. 

Pranoto menjelaskan, Subaru XV dan Subaru Forrester --keduanya SUV-- memang menjadi "bintang" yang diperkenalkan Subaru kepada publik nasional. Laiknya semua produk Subaru, kedua SUV ini bermesin boxer segaris simetris. 

Salah satu kemajuan teknologi yang lain ketimbang yang lain inilah yang membuat mobil-mobil Subaru mampu tetap menjejakkan keempat bannya di jalan secara mantap, stabil, dan seimbang. Ditunjang dengan titik pusat gravitasi yang rendah dan hampir di tengah, maka manuver mobil-mobil Subaru bisa diandalkan. 

"Peringkat ketiga ditempati Subaru WRX STi, "DNA" sejati Subaru seri World Racing Championship, yang mampu menyemburkan tenaga 300 hp dan menembus kecepatan 0 sampai 100 kilometer perjam kurang dari tujuh detik saja," kata Pranoto. 

Bicara warna mobil, dia menjelaskan, warna biru khas Subaru hanya menempel di sedan balap/racing Subaru WRX STi. "Ini ciri khas Subaru," katanya. 
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013