Jakarta (ANTARA News) - "Bayangan saya soal Indonesia sebelum ini adalah negeri yang penuh bahaya, di mana-mana bahaya. Sekarang berubah total, semuanya sungguh ramah dan menyenangkan," kata model foto asal Brazil, Dane Mendes, di sela Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013), di Jakarta. 

Sabtu siang ini, dia bersama koleganya sesama model foto Brazil, Livia Moares, beraksi di depan fotografer --jumlahnya banyak sekali-- di gerai PT Chrysler Indonesia, di Hall B Arena Eksposisi Kemayoran. Jangan bilang kilatan lampu kilat yang menerpa wajah-wajah jelita khas Latin itu. 

Dane dan Livia hanya dua di antara beberapa lain rekannya dari agensi model Zimm yang dikontrak PT Chrysler Indonesia untuk membantu mengenalkan produk-produk termutakhir dari prinsipal mobil kelas atas yang mengageni merek Jeep, Dodge, Chrysler, dan belakangan FIAT. 

Bermula dari kontak oleh agennya, di Brazil, beberapa bulan lalu. "Aku diberitahu bahwa di Jakarta akan ada eksebisi mobil internasional dan aku dinilai memenuhi persyaratan keperluan yang diajukan klien," kata Livia, yang asli Brazil.

Dari situlah, kata dia, selancar di dunia maya dia lakukan dan mencoba mencari tahu tentang Indonesia. 

"Waktu itu aku merasa, ini kontrak yang menantang dan aku sanggupi. Toch, berfoto untuk mobil dan produk-produk lain sudah menjadi pekerjaan sehari-hari…," kata Dane, yang leluhurnya berasal dari Italia. 

Lebih jauh, dia menyatakan, "Para fotografernya juga sopan-sopan dan menghormati kami sebagai model foto. Ini perilaku yang terpuji sekali... "

Apa pendapatnya tentang perempuan Indonesia? Pengalaman internasionalnya menyimpulkan, "Kalian beruntung, mereka sangat… sangat cantik..." 

"Semuanya memiliki keunikan, kecantikan, dan keindahan yang tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lain. Di China, rasanya semua orang sama saja. Indonesia berbeda-beda dan yang semuanya cantik," kata dia. 

Dia sedikit merinci salah satu aspek kecantikan itu, yaitu kulit yang terang namun tidak pucat. "Sangat indah…," katanya. 

Begitulah, kostum-kostum menarik dan sesuai dengan tema masing-masing mobil yang diusung PT Chrysler Indonesia itu melekat pada tubuh ramping dan jenjang mereka, rambut diurai, dan… bergaya…

"Hallo… Look at me please…," begitu lontaran cukup keras fotografer kerap terdengar untuk Dane, Livia, dan teman-temannya. Di atas mobil --bergantian model-- mereka beraksi dan menjadi keindahan tersendiri. 
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013