Jakarta (ANTARA News) - Semua pemilik kendaraan bermotor ingin mesin kendaraannya selalu dalam keadaan prima dan teknologi nano diklaim mampu membantu keawetan mesin itu. 

Salah satu yang menyatakan diri mampu melakukan hal itu adalah produk dari Ukraina, XADO, yang turut hadir membuka gerai di Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013), di Kemayoran, Jakarta, pada 19-29 September ini. 

Menurut salah satu penjaga gerai produk ini, ada puluhan jenis produk XADO yang ditawarkan. Prinsip kerjanya sepintas sederhana, gel dan cairan produk ini akan menutup celah mikro yang tercipta karena gesekan akibat pemakaian bertahun-tahun, diistilahkan dengan revitalisasi. 

Secara garis besar, ada produk untuk merevitalisasi seksi transmisi (transmisi manual dan otomatik), mesin dan ruang bakar, seksi pengendalian melalui unit power steering dan unit hidrolik lain, dan pelumasan lain. 

Menurut keterangan tertulis produk ini, usia komponen mesin kendaraan bisa bertahan antara dua hingga empat kali lebih lama. Sebagai gambaran, ring piston dan dinding silinder mesin akan "disusupi" dan "diperkuat" senyawa kimia berbasis teknologi nano dari produk ini sehingga kompresi menjadi lebih padat. 

Dengan kompresi yang lebih padat dan rata, maka efisiensi pembakaran turut terbantu, berujung pada meringankan kerja mesin. 
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013