Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengimbau industri otomotif menjadi tulang punggung industrilisasi di Indonesia di masa depan dengan memenuhi tiga pilar  pengembangan industri.

"Pertama proses meningkatkan nilai tambah, hilirisasi, kita tidak lagi mau menjual mentah-mentahan. Dalam industri mobil juga berlaku sebaliknya huluisasi, dari huluya mengalir ke hilir," kata Wapres saat membuka Indonesia International Motor Show 2013 di Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Kedua, industrialisasi diarahkan untuk memaksimumkan dampak di dalam negeri secara maksimal. "istilahnya multiplier effect," kata Wapres.

Dengan adanya dampak ikutan dari industri otomotif,  akan membuka lebih luas lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja.

Menurut Wapres, industri otomotif memiliki dampak ikutan yang besar  yaitu terbentuknya industri pendukung.

Ketiga, lanjutnya, industrialisasi saat ini telah menjadi rantai pasokan dunia karena suatu negara dapat menjadi penyedia komponen tertentu dari sebuah produk yang dibuat secara global.

Menurut Wapres, Industri otomotif memiliki landasan dalam pengembangan tiga pilar industrialisasi tersebut, terutama pada pilar kedua dan ketiga.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013