Jakarta (ANTARA) – Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) mengumumkan kerjasamanya dengan Perumda Pasar Tohaga dan PT Gemini Surya Pratama, untuk menyediakan pinjaman dan pembiayaan serta layanan perbankan yang dibutuhkan untuk pembangunan, penataan, dan pengelolaan Pasar Rakyat Citayam, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini dilakukan oleh Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus, Direktur Utama Perumda Pasar Tohaga, Haris Setiawan, dan Direktur Utama PT Gemini Surya, Pratama Rivaldi Surya Pratama di Citayam, Kabupaten Bogor, Rabu.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus, menyambut baik kerja sama ini dan menegaskan komitmen Bank DKI dalam mengembangkan sektor UMKM melalui penyediaan. 

“Bank DKI sangat antusias dengan kerja sama ini, karena selain mendukung pembangunan fisik pasar, juga memberikan solusi keuangan yang dapat mendorong pertumbuhan UMKM,” ujar Henky.

Melalui perjanjian ini, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI akan memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah yang berkeinginan untuk membeli kios dan los di Pasar Rakyat Citayam. Besaran pembiayaan akan ditetapkan sesuai dengan evaluasi dari Bank DKI, yang bertujuan untuk memberikan dukungan fasilitas usaha efisien dan berkelanjutan.

Nasabah yang berkeinginan memperoleh Fasilitas Pembiayaan dapat mengajukan permohonan melalui PT Gemini Surya Pratama. Permohonan tersebut akan diteruskan kepada Bank DKI atau dapat pula diajukan secara langsung kepada Bank DKI. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk memberikan kemudahan akses kepada calon nasabah dalam memperoleh fasilitas pembiayaan yang mereka perlukan.

Lebih lanjut, Henky menyampaikan bahwa kerjasama ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan Pasar Rakyat Citayam dan sekitarnya. 

“Dengan menggabungkan keahlian PT Gemini Surya Pratama dan Perumda Pasar Tohaga, kami berharap dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM dan menggalakkan aktivitas ekonomi di wilayah ini,” tandas Henky.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menegaskan bahwa Bank DKI senantiasa berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis UMKM sebagai pilar ekonomi yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. “Bank DKI senantiasa menghadirkan inisiatif dan program-program yang bertujuan mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM,” pungkas Arie.
 
Transformasi Digital Melalui Digitalisasi Pasar

Bank DKI terus menegaskan komitmennya dalam mengembangkan sektor UMKM, salah satunya melalui program digitalisasi pasar yang menciptakan kemudahan bertransaksi bagi para pelaku usaha dan konsumen di wilayah ekosistem pasar dengan berbasis teknologi.

Program digitalisasi pasar, antara lain dengan menyediakan ekosistem pembayaran melalui aplikasi JakOne Abank, implementasi QRIS, hingga digitalisasi pembayaran di fasilitas lainnya dalam lingkungan pasar yang diharapkan dapat mendorong penerapan transaksi non-tunai. Bank DKI turut menyediakan JakOne Mobile sebagai super apps dengan berbagai fitur layanan digital yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian khususnya bagi para pedagang maupun pengunjung pasar seperti pembayaran berbelanja melalui fitur scan by QRIS, berbagai tagihan, pajak, retribusi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024