Kemitraan antara NBRI dan Carsurin menandai langkah penting menuju realisasi potensi Indonesia sebagai pemimpin global dalam teknologi kendaraan listrik,
Jakarta (ANTARA) - PT Carsurin Tbk (CRSN) bersama dengan National Battery Research Institute (NBRI) menandatangani nota kesepahaman (MoU) sebagai upaya memaksimalkan potensi Indonesia sebagai pusat ekosistem baterai listrik atau Electric Vehicle (EV) di tingkat global.

“Kemitraan antara NBRI dan Carsurin menandai langkah penting menuju realisasi potensi Indonesia sebagai pemimpin global dalam teknologi kendaraan listrik,” ujar Direktur Utama Carsurin Sheila Tiwan sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sheila mengatakan kedua pihak berkomitmen untuk memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan posisi Indonesia dalam sektor kendaraan listrik global.

“Dengan menggabungkan kekuatan, kami berkomitmen untuk mendorong solusi mobilitas berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan industri EV secara internasional,” ujar Sheila.

Baca juga: Menko Perekonomian: Indonesia siap jadi produsen EV global

Ia menjelaskan, kolaborasi ini akan mencakup berbagai kegiatan teknologi EV dan layanan terkait, di antaranya laboratorium pengujian baterai EV, pelatihan EV, infrastruktur baterai EV, dan konversi mesin pembakaran internal atau Internal Combustion Engine (ICE) menjadi kendaraan listrik roda dua.

Kemudian, juga mencakup penggunaan kembali baterai EV, daur ulang baterai EV, serta inisiatif lainnya yang disepakati bersama.

Selain itu, lanjutnya, kerja sama juga mencakup upaya penelitian baterai nasional yang kuat, pengembangan, serta implementasi yang berkontribusi pada kapasitas negara untuk membantu mengembangkan industri manufaktur baterai dengan menggunakan sumber daya lokal, serta menggunakan solusi baterai terkini yang memungkinkan Indonesia mandiri dalam bidang energi.

Baca juga: Kemenko Marves soroti peran RI bangun rantai pasok EV global di COP28

Dalam kesempatan ini, Pendiri NBRI Evvy Kartin mengatakan kolaborasi dengan Carsurin memungkinkan pihaknya untuk memperbesar dampak positif, dan bekerja menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

“Kami sangat antusias tentang potensi kolaborasi ini dalam memajukan teknologi EV dan membina budaya inovasi di Indonesia” ujar Evvy.

Melalui promosi kendaraan listrik dan teknologi terkait, kolaborasi bertujuan untuk membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi jejak karbon industri transportasi Indonesia.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023