Tochigi, Jepang (ANTARA) - Honda Motor Co., mengenalkan teknologi generasi terbaru untuk sistem bantuan pengemudi dan keselamatan omnidireksional mereka yakni Honda Sensing 360 dan Honda Sensing Elite yang merupakan varian unggulan dari Honda Sensing.

Dalam kegiatan test drive di Pusat Riset dan Pengembangan Honda di Tochigi, Jepang, Minggu (29/10) Honda Motor Co., mendemonstrasikan beberapa fitur bantuan mengemudi dan keselamatan unggulan mereka.

Dengan moto keselamatan global "Keselamatan untuk Semua Orang," Honda telah memperkenalkan teknologi terbaru dari Honda Sensing 360. Teknologi ini dirancang untuk mengurangi beban pengemudi dengan mendeteksi kondisi abnormal pada pengemudi dan lingkungan sekitar kendaraan, serta mencegah potensi tabrakan.

Fitur-fitur baru ini akan diperbarui ke Honda Sensing 360 yang ada dan akan diterapkan secara global mulai tahun 2024. Honda memiliki tujuan jangka panjang untuk mencapai nol kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global pada tahun 2050.

Dengan menggunakan keahlian dalam bisnis sepeda motor dan mobil, serta penelitian dan pengembangan teknologi keselamatan, Honda bertekad untuk mewujudkan visi masyarakat bebas kecelakaan bagi semua individu yang berbagi jalan.

Baca juga: Honda produksi massal baterai all-solid-state di akhir dekade 2020

Berikut adalah beberapa fitur kunci dari teknologi generasi terbaru Honda Sensing 360.

Advanced In Lane Driving with Hands-off Function: Sistem ini membantu pengemudi menjaga kendaraan dalam jalur tanpa perlu memegang kemudi sehingga mengurangi beban pengemudi. Saat melakukan belokan, sistem akan mendeteksi belokan lebih awal untuk menghasilkan manuver yang tepat.

Advanced Lane Change with Hands-off Function: Sistem ini membantu pengemudi dalam perpindahan jalur dan melintasi kendaraan lain dalam kondisi tertentu. Saat mendeteksi kendaraan di depan, sistem memberi tahu pengemudi dan membantu mereka berpindah jalur dan mengembalikannya ke jalur semula.

Driver Emergency Support System: Ketika pengemudi tidak merespons permintaan sistem untuk mengambil alih kendali, sistem membantu perlambatan dan penghentian kendaraan dalam jalur yang sama. Jika tidak ada respons dari pengemudi, sistem akan meningkatkan volume bunyi alarm dan meminta pengemudi untuk memberikan tanggapan.

Apabila pengemudi tetap tidak merespons, sistem akan membantu dalam mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan sambil memberikan peringatan kepada kendaraan lain di sekitarnya menggunakan lampu hazard dan klakson untuk menjaga jarak yang aman dan mengurangi risiko tabrakan lalu lintas.

Exit Warning: Ketika kendaraan sedang dalam kondisi parkir, apabila sistem mendeteksi adanya kendaraan yang mendekat dari bagian belakang, tanda atau lampu indikator yang terletak di pilar depan atau kaca spion akan dinyalakan.

Ini bertujuan untuk membantu penumpang mengidentifikasi keberadaan kendaraan yang mendekat. Selain itu, jika sistem menemukan potensi risiko tabrakan ketika pintu kendaraan dibuka untuk keluar dan ada kendaraan lain yang sedang melintas, lampu indikator akan berkedip dan alarm akan berbunyi untuk memberikan peringatan kepada penumpang.

Baca juga: Honda siap bersaing dengan pabrikan mobil listrik China

Selain Honda Sensing 360, Honda juga memperkenalkan teknologi generasi terbaru dari Honda Sensing Elite. Fitur-fitur Honda Sensing Elite termasuk:

Driver Assistance on Non-Expressway Roads: Memberikan dukungan kepada pengemudi saat berkendara di jalan raya biasa dengan menggunakan teknologi pengenalan dan kontrol yang mampu mengidentifikasi situasi lalu lintas yang rumit.

Honda akan memperkenalkan teknologi yang dapat memprediksi risiko tabrakan dan juga akan memasukkan Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist System (LKAS) untuk penggunaan di jalan non-tol guna mengurangi beban pengemudi. Namun fungsi ini akan mati saat berkendara dalam kemacetan di jalan arteri.

Automatic Parking Assist: Sekarang, dalam Honda Sensing Elite, terdapat fitur parkir otomatis yang memungkinkan kendaraan masuk dan keluar dari garasi rumah atau tempat parkir yang telah ditentukan secara otomatis.

Driver Assistance for All Expressway Driving Situations: Honda Sensing Elite juga menyediakan bantuan untuk membantu pengemudi saat memasuki dan keluar dari jalan tol.

Baca juga: Honda kenalkan mobil konsep Sustaina-C di Japan Mobility Show

Baca juga: Honda kenalkan taksi otonom Cruise Origin di Japan Mobility Show 2023

Baca juga: Honda hadirkan kembali Prelude sebagai mobil sport konsep di JMS 2023
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023