Shanghai (ANTARA News) - Penjualan mobil China pada Maret naik lebih dari 10 persen dibandingkan dengan penjualan pada kurun yang sama tahun lalu, mencapai rekor tertinggi bulanan dengan angka penjualan mencapai 2,04 juta kendaraan.

Menurut pernyataan China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) yang dikutip AFP, pada kuartal pertama penjualan mobil mencapai 5,42 juta unit di pasar mobil terbesar dunia itu, naik 13,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, 

"Produksi mobil dan penjualan memasuki musim puncak tradisional Maret," kata kelompok itu.

Menurut CAAM, penjualan kendaraan penumpang menunjukkan pertumbuhan yang relatif cepat, yang merupakan pendorong pertumbuhan secara keseluruhan dalam penjualan mobil dari Januari sampai Maret.

Penjualan mobil penumpang melonjak 17,2 persen dari tahun sebelumnya menjadi 4,42 juta unit pada kuartal pertama. Selama Maret saja, penjualan naik 13,3 persen tahun-ke-tahun menjadi 1,59 juta unit.

Tahun lalu, penjualan mobil di China secara keseluruhan hanya naik 4,3 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi 19,31 juta unit, terhalang oleh batasan jumlah yang dikenakan oleh beberapa kota untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan pengurangan polusi.

Menurut CAAM, penjualan mobil penumpang merek Jepang turun 16 persen dari tahun sebelumnya pada kuartal pertama, akibat dampak yang tersisa dari sengketa wilayah antara Beijing dan Tokyo yang memicu protes anti-Jepang.

Tapi penjualan produsen asing lain semua naik, dengan Jerman, Korea Selatan dan Prancis masing-masing melonjak lebih dari 30 persen dalam tiga bulan pertama dalam 2013.

Penjualan mobil penumpang merek China pun naik 18,3 persen tahun-ke-tahun menjadi 1,91 juta unit untuk periode tiga bulan.



Penerjemah : Sutjie Suryatie

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013