Jakarta (ANTARA) - Astra Isuzu terus melakukan penetrasi pasar di sektor pertambangan dan perkebunan, khususnya untuk penjualan dua produk light commercial vehicle (LCV) Isuzu D-Max dan MU-X.

”Penjualan D-Max dan MU-X meningkat karena tahun ini kami cukup agresif melakukan penetrasi dengan peningkatan aktivitas marketing sales, khususnya di segmen mining, vehicle, and plantation sesuai kegunaan LCV 4x4 Isuzu,” kata CEO PT Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Anton Rusli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang semester I-2023, penjualan ritel Isuzu MU-X sebanyak 160 unit atau naik 180 persen dibandingkan periode yang sama 2022 yang hanya 57 unit. Sementara Isuzu D-Max terjual 663 unit atau naik 56,7 persen dari sebelumnya 423 unit. Sebagai catatan, D-Max merupakan mobil terlaris di Thailand dengan penjualan di sana mencapai 181.384 unit.

Anton menjelaskan, pencapaian pertumbuhan tinggi di semester I-2023 menambah optimisme Astra Isuzu untuk bisa menjual sesuai target yang ditetapkan.

Baca juga: Isuzu catat kenaikan penjualan LCV di triwulan I 2023

Apalagi, kondisi ekonomi nasional juga terus membaik, berkat harga komoditas tambang seperti batu bara dan perkebunan seperti kelapa sawit yang masih bagus sehingga meningkatkan daya beli masyarakat.

“Memang, segmen LCV 4x4 ini sangat bergantung khususnya kepada pergerakan komoditas di Indonesia,” kata Anton.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, berkat batu bara dan komoditas lainnya, neraca perdagangan Indonesia kembali membukukan surplus. Neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2023 mengalami surplus 3,45 miliar dolar AS.

Dua LCV Isuzu ini menjadi pilihan bagi pelaku usaha pertambangan dan perkebunan kelapa sawit karena D-Max dan MU-X dikenal sebagai kendaraan tangguh hemat BBM, apalagi menggunakan mesin terbaru RZ4E 1900 cc dengan power 150 PS dengan torsi 350 Newton, lebih besar dari mesin sebelumnya 4jK1 yang 2.500 cc dengan 136 PS/320 N.

Baca juga: Astra Isuzu targetkan penjualan mobil naik dua kali lipat pada 2023

Ketangguhan D-Max dan MU-X 4x4 di berbagai medan dibuktikan sejumlah jurnalis media nasional di Samarinda, Kalimantan Timur dan di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Keduanya dengan mudah melibas medan berat di jalan berlubang, tanjakan, hingga berlumpur karena dilengkapi fitur yang andal.

Sementara itu, Area Manager Kalimantan PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Ikang Achmad Mubarok mengatakan, penjualan D-Max dan MU-X di Kalimantan tertinggi di Indonesia.

”LCV paling dominan di Kalimantan. Malah, sepanjang tahun ini, pangsa pasar D-Max di Kalimantan mencapai lima persen dengan rata-rata penjualan 40 unit per bulan, meningkat pesat dibandingkan catatan pada beberapa tahun sebelumnya yang selalu di bawah 1 persen,” kata Ikang.

Ia optimistis mampu meningkatkan penjualan produk sebesar lima persen.

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023