Penentuan 23 pemain baru akan ditentukan pada manajer `meeting` sebelum pertandingan melawan Arab Saudi,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) mendominasi Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi Arab Saudi pada Pra-Piala Asia (PPA) 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/3).

Dari 28 nama pemain yang diumumkan pelatih timnas Rahmad Darmawan di Hotel Sultan Jakarta, Selasa, sedikitnya ada 23 pemain yang berasal dari kompetisi yang dikelola PT Liga Indonesia itu.

Sejumlah 23 pemain itu adalah Kurnia Meiga, I Made Wirawan, Syamsidar, Hamka Hamzah, Muhammad Roby, Victor Igbonefo, Abudurahman, Zulkfly Syukur, Ricardo Salampessy, Supardi, Ruben Sanadi.

Selanjutnya Tony Sucipto, Imannuel Wanggai, Ponaryo Astaman, Ahmad Bustomi, Raphael Maitimo, M. Ridwan, Greg Nwokolo, Boaz Solossa, Firman Utina, Ferinando Pahabo, Ian Luis Kabes dan Sergio van Dijk.

Sedangkan lima pemain lainnya adalah tiga orang dari kompetisi Indonesia Premier League (IPL) yaitu Taufiq, Andik Vermansyah dan Titus Bonai serta dua pemain naturalisasi Raphael Maitimo dan Irfan Bachdim.

Pelatih timnas Rahmad Darmawan mengatakan, jumlah pemain yang diumumkan bertambah lima orang dari rencananya sebelumnya yaitu 23 pemain. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Penentuan 23 pemain baru akan ditentukan pada manajer `meeting` sebelum pertandingan melawan Arab Saudi," kata pria yang juga pelatih klub Arema Indonesia itu.

Pelatih yang akrab dipanggil RD itu mengaku alasan penambahan pemain itu karena ada pemain yang masih dalam proses administrasi, karena kebugaran serta disesuai dengan skema yang akan digunakan saat menghadapi Arab Saudi.

Ditanya kenapa Ferdinan Sinaga dan Diego Michiels tidak masuk dalam 28 pemain yang dipersiapkan untuk menghadapi Arab Saudi, mantan pelatih Sriwijaya FC itu mengaku ada beberapa alasan kenapa pemain tersebut tidak masuk.

"Ferdinan pemain bagus, tapi saat ini kondisinya belum maksimal karena cedera lutut. Kalau Diego masalah kebugaran. Dia lama tidak latihan," ujar Rahmad Darmawan, menegaskan.

Timnas Garuda pada PPA 2015 tergabung di Grup C bersama China, Irak dan Arab Saudi. Pada pertandingan perdana yang saat itu dilatih Nil Maizar, Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari tuan rumah Irak.

(B016/C004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013