Jakarta (ANTARA) - Pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM), memberangkatkan 2.009 konsumennya pulang kampung lewat program Mudik dan Balik Lebaran bareng Honda (MBBH).

"Sejalan dengan imbauan pemerintah terkait mudik tahun ini, kami ingin memberikan pengalaman menyenangkan bagi masyarakat dalam perjalanan mudik yang aman dan nyaman melalui kegiatan MBBH 2023, sehingga mereka dapat merayakan Lebaran dengan tetap menggunakan sepeda motor kesayangan di kampung halaman," kata GM Honda Customer Care Center Division AHM, Antok Yuniarso melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: AHM kembali gelar festival vokasi uji ketrampilan teknis sepeda motor

Ia mengatakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan jaringan dealer utama Honda di Jakarta dan Tangerang. Ada 32 bus yang mengantarkan 1.409 pemudik dengan rute Jakarta–Yogyakarta dan Jakarta–Semarang yang diberangkatkan dari kantor AHM Sunter kemarin (19/4). Sebelumnya, pada 17 April 2023 sebanyak 613 sepeda motor diangkut menggunakan 17 truk dari Jakarta Utara.

Sebelum keberangkatan, kata dia, para pemudik mengecek kesehatan melalui aplikasi SATUSEHAT, cek suhu tubuh dan menggunakan masker. AHM juga menyediakan paket sahur, fasilitas ibadah shalat subuh, dan melakukan doa bersama sebelum keberangkatan.

Setiap pendaftar program MBBH mendapatkan dua kursi bus, asuransi perjalanan, layanan kesehatan, jaket, konsumsi, dan beragam bingkisan. Pihaknya juga mengadakan undian bagi pemudik dengan hadiah dua buah unit sepeda motor Honda, gadget dan hadiah menarik lainnya.

Untuk arus balik, AHM menfasilitasi 18 bus untuk 600 pemudik dan 8 truk untuk mengangkut 300 sepeda motor pemudik pada 25 April 2023 ,melalui Program Balik Bareng Honda (BBH) 2023, dengan titik keberangkatan Astra Motor Yogyakarta dan Astra Motor Semarang dengan tujuan Jakarta.

Para pemudik yang mengikuti Program MBBH wajib melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili Jabodetabek, Surat Izin Mengemudi (SIM) C, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor Honda. Untuk menjaga keselamatan saat mudik antara lain hanya diizinkan membawa barang bawaan maksimal 5 kg dan minimal telah vaksinasi COVID-19 dosis kedua.

Baca juga: Astra Honda perkuat program bangun kewirausahaan bengkel alumni SMK

Baca juga: Sebanyak 662 guru SMK belajar motor listrik bareng AHM


Pada Lebaran 2023, AHM juga membuka Bale Santai Honda yang beroperasi selama 24 jam di 12 posko mudik Honda dan 14 area servis Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Siaga di Lampung, Jawa, dan Bali. Selain itu, ada 148 AHASS Jaga di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Selain itu, AHM memberikan pelayanan 7x24 jam Honda Customer Care Center bagi pemudik yang membutuhkan layanan darurat. Konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care Center di nomor 1-500-989," kata Antok.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023