Jakarta (ANTARA) - Astra Isuzu menargetkan penjualan mobil mengalami kenaikan lebih dari dua kali lipat pada 2023 dibandingkan 2022 seiring menggeliatnya industri dan pasar kendaraan komersial yang tumbuh.

"LCV (light commercial vehicle) produk kami yakni Isuzu D-Max dan MU-X tahun ini kami targetkan bisa terjual 2.500 unit. Ini merupakan target yang besar, apalagi tahun-tahun sebelumnya penjualan hanya di kisaran 900-an," ujar CEO PT Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Anton Rusli seusai menyerahkan kunci simbolis kepada Komisaris PT Petroflexx Prima Daya Nuriman Adil di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 di Jakarta, sebagaimana dikutip dari keterangannya di Jakarta, Senin.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2022, total penjualan D-Max dan MU-X sebanyak 1.232 unit dengan porsi terbesar D-Max sebanyak 1.044 unit dan MU-X sebanyak 188 unit.

Menurut Anton, potensi pasar LCV masih tergolong besar, sehingga menjadi peluang bagi perusahaan untuk menggarap pasar lebih masif.

Dia mengakui masih ada sejumlah sektor yang belum pulih. Namun, kondisi di kendaraan komersial seperti kendaraan untuk pertambangan, migas, dan perkebunan, masih memiliki pergerakan yang baik pada 2023.

Menurut Anton, tingginya minat konsumen, dibuktikan dengan pembelian 67 unit D-Max oleh PT Petroflexx Prima Daya. Artinya, adanya kebutuhan pelaku usaha terhadap LCV sebagai kendaraan penunjang dan monitoring di lokasi operasional.

Nuriman Adil menyatakan perusahaannya yang bergerak di bidang jasa migas mendapatkan kontrak kerja sama dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Dari kontrak tersebut, lanjutnya, perusahaan harus menyediakan kendaraan double cabin dalam waktu tiga bulan.

"Isuzu sanggup menyediakan kendaraan sesuai spek klien dan tenggat waktu sangat singkat serta harga yang masuk (kompetitif)," ujarnya.

Nuriman menambahkan, alasan lain memilih Isuzu adalah keandalan dan efisiensi bahan bakarnya.

Terkait layanan purnajual, Nuriman mengatakan layanan servis atau bengkel tersedia di Pekanbaru, Riau, selain juga di dekat Blok Rokan, juga ada layanan servisnya.

Sementara itu, COO Astra Isuzu Yohanes Pratama mengatakan pihaknya terus berupaya menjadi real partner bagi perjalanan usaha konsumen.

"Dengan kondisi itu, kami optimistis target penjualan 2.500 unit bisa tercapai. Apalagi pasokan unit kendaraan jauh lebih lancar. Kalau tahun lalu, masih ada kendala suplai, kali ini tidak ada lagi," tuturnya.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023