Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan asal India yang fokus dengan kendaraan elektrik, Ultraviolette, menghadirkan motor listrik F99 Racing Platform yang mendapat perhatian lebih dari pengunjung Auto Expo 2023 di India.

Motor ini memiliki desain track-bias yang sudah dikembangkan. Meski demikian, motor elektrik yang siap melibas lintasan balap ini masih menggunakan platform motor jalanan yang dimiliki oleh F77.

Baca juga: Hello Mobility mulai layani masyarakat Tokyo

Motor ini dikabarkan memiliki tenaga hingga 60 hp, dengan angka itu sepeda motor listrik ini dapat bergerak ke kecepatan tertinggi 200 km/jam (124 mph). Ultraviolette memasangkan up-spec F99 dengan winglet yang aerodinamis pada bagian fairing samping dan unit ekor.

"Dunia balap sangat menantang karena memaksa kendaraan didorong melampaui batasnya, dan inilah yang mengarah pada inovasi," kata CEO Ultraviolette Narayan Subramaniam kepada India Today, Sabtu.

Pelat muka akan menggantikan lampu depan dan menyediakan fungsionalitas pemecah angin tambahan sementara roda aerodisk belakang mirip dengan yang dimiliki oleh Moto3 untuk mengurangi hambatan.

Baca juga: Royal Enfield berinvestasi di perusahaan sepeda motor listrik Spanyol

Dalam hal teknisnya, insinyur dari Ultraviolette menggeser segitiga pengendara untuk mempromosikan sikap yang agresif. Meski begitu, pengguna dapat mempersonalisasi ergonomi dengan pijakan kaki yang dapat disesuaikan.

Pirelli Diablo Supercorsa slicks memberikan semua cengkeraman yang dibutuhkan di sirkuit. Saat pengendara mengirimkannya ke zona pengereman, kaliper ByBre empat pot menjepit rotor seukuran piring makan untuk bagian depan dan pengikat piston tunggal menggigit satu cakram di belakang yang sudah menggunakan sistem keamanan ABS dua saluran.

Ultraviolette menggunakan bodywork serat karbon dan melengkapi konfigurasi kursi tunggal dengan sadel yang lebih ramping. Setelah menarik penutup F99, Ultraviolette mengonfirmasi niatnya untuk memulai seri balapan di tahun-tahun mendatang.

"Kami yakin bahwa inovasi yang muncul dari F99 Factory Racing Platform akan sampai ke publik di masa mendatang," tutup dia.

Baca juga: Yadea pasok motor listrik mereka ke daratan Eropa dan Amerika

Baca juga: Huck Cycles Overlander S dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen

Baca juga: Verge Motorcycles luncurkan Model TS Ultra pada ajang CES 2023
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023