Tokyo (ANTARA) - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa pada Minggu (4/12) mencuit di Twitter bahwa ia berencana untuk menyampaikan "pengumuman besar" yang berhubungan dengan ruang angkasa setelah bertemu dengan pemilik SpaceX Elon Musk.

Yusaku Maezawa, pendiri situs mode daring Zozo Inc, menyelesaikan perjalanan wisata ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan pesawat ruang angkasa Soyuz pada Desember 2021 dan berencana melakukan perjalanan mengelilingi bulan dengan roket dan perusahaan satelit SpaceX milik Musk pada 2023.

Pengusaha berusia 47 tahun itu mencuit bahwa dia telah mengadakan pertemuan secara daring dengan Musk dan "sekarang akan membuat pengumuman besar tentang luar angkasa pada 9 Desember".

Baca juga: SpaceX akan luncurkan kru astronot ke ISS untuk NASA

Penggila ruang angkasa itu kemungkinan akan menjadi penumpang pribadi pertama dalam misi ke bulan bersama SpaceX dengan terbang selama seminggu yang direncanakan pada 2023, serta akan mengantarkan era baru perjalanan ruang angkasa bagi para pelanggan kaya raya.

Maezawa memperoleh kekayaannya dengan mendirikan perusahaan pengecer mode daring Zozo yang dibeli oleh perusahaan internet Softbank Group Corp.

Gara-gara cuitan Maezawa tersebut, saham perusahaan Inclusive Inc yang menyediakan bisnis terkait luar angkasa dengan memanfaatkan data satelit, melonjak 11,7 persen dan ditutup pada harga 1.171 yen.

Sumber: Reuters

Baca juga: SpaceX akan sediakan WiFi dalam penerbangan untuk pertama kalinya

Baca juga: SpaceX kirimkan 5.000 terminal internet satelit ke Ukraina

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022