Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mendukung pendidikan di Indonesia melalui pembangunan fasilitas pelatihan bernama "Dojo" sebagai sarana berlatih teknik otomotif untuk siswa-siswi SMK.

"Ini menjadi wujud nyata komitmen Daihatsu terhadap kepeduliannya akan dunia pendidikan di Indonesia, melalui peningkatan kompetensi sekolah vokasi, serta menyelaraskan antara kebutuhan dunia industri otomotif dengan dunia pendidikan melalui Program Pintar Bersama Daihatsu," ujar Kepala Divisi Corporate Planning and Communications PT ADM Dikky Burhan dalam rilis pers, Kamis.

Salah satu fasilitas Dojo yang telah diresmikan oleh PT ADM berada di SMK Lentera Bangsa, Karawang, Jawa Barat.

Fasilitas Dojo di SMK Lentera Bangsa itu dibangun sejak April 2022 dan turut diresmikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karawang Rosmalia Dewi mewakili Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana, Senin (31/10).

Peresmian Dojo yang bermakna "tempat berlatih" itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa-siswi SMK dengan cara studi praktik langsung di fasilitas yang sudah dikondisikan riil agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja di industri otomotif.

Terdapat berbagai kelengkapan sarana pelatihan, meliputi Dojo Assembling yang mengajarkan proses perakitan kendaraan, Dojo Welding yang mengajarkan teknik dasar pengelasan serta beragam peralatan dan material yang digunakan di industri.

Selanjutnya Dojo Behaviour sebagai dasar budaya industri yang fokus dalam pengembangan karakter, Dojo K3 yang mengajarkan pemahaman dalam menduga potensi bahaya, dan Dojo Measurement untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan alat ukur.

Selain SMK Lentera Bangsa, Daihatsu juga mengembangkan fasilitas Dojo di beberapa sekolah vokasi lainnya, yakni di SMK Pratama Mulya Ciampel, SMK Iptek Sanggabuana, dan SMK Muhammadiyah 2 Cikampek.

Hingga saat ini, ADM tercatat telah membina 439 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui program ini, ADM berkomitmen untuk mendukung pembelajaran murid-murid SMK, baik dalam keterampilan teknis maupun non teknis. ADM juga membuka kesempatan bagi para lulusan SMK untuk bekerja di pabrik ADM.

Baca juga: Begini cara rawat cat mobil agar tak cepat pudar ala Daihatsu

Baca juga: Ketangguhan mesin dan bodi L300 jadi sorotan konsumen


Baca juga: Sigra dan Gran Max pikap topang penjualan Daihatsu di Jawa Barat
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022