Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan mendukung operator layanan transportasi daring untuk menyediakan tempat khusus peristirahatan bagi pengemudi.

"Saya sangat mengapresiasi dengan adanya tempat peristirahatan ini, artinya teman-teman driver itu tertib," ujar Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suharto di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Mobil Lubricant berikan partisi pelindung kepada driver online

Baca juga: Pengemudi online khawatirkan rencana aksi mogok pegawai Pertamina


Hal itu disampaikannya usai meresmikan tempat peristirahatan khusus bagi pengemudi daring inDriver yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Suharto menilai, dengan adanya tempat peristirahatan khusus tersebut, para pengemudi daring akan semakin tertib. Mereka tidak lagi memarkir kendaraan di pinggir jalan saat sedang menunggu pesanan.

Selain itu, para pengemudi juga akan mendapatkan berbagai layanan yang dibutuhkan, seperti Wi-Fi gratis, tempat mengisi daya telepon, hingga tempat ibadah.

Dia pun mendorong agar operator penyelenggara layanan transportasi daring lainnya untuk menyediakan tempat peristirahatan khusus serupa.

"Kami berharap bahwa mungkin dari operator-operator lain itu melakukan hal yang sama. Bukan hanya satu tapi di berbagai tempat. Hal seperti ini harus diperbanyak, karena dengan adanya ini mendukung pemerintah untuk ketertiban pengemudi online," kata dia.

Baca juga: Tarif ojol naik, Gojek: sesuai aspirasi mitra driver

Sementara itu, Country Driver Operation Team Leader di inDriver Dini Dwi Santria mengatakan pembukaan Driver Lounge sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan pengemudi serta memastikan mereka mempertahankan layanan yang bermutu tinggi.

“Pembukaan Driver Lounge merupakan salah satu dari banyak upaya yang kami lakukan guna meningkatkan kesejahteraan pengemudi kami melalui pemberian akses yang mudah ke fasilitas agar membantu tetap prima dan bertenaga karena mereka terus melayani para pengguna kami," kata Dini.

Driver Lounge inDriver berlokasi di Gedung Graha Kapital 2, Jakarta Selatan. Tempat yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB itu dilengkapi berbagai fasilitas.

Di antaranya Wi-Fi gratis, area istirahat ber-AC, mushola, stasiun pengisian daya ponsel, toilet, minuman gratis, serta area parkir gratis.


Baca juga: Berkenalan dengan "Driver 001", pengemudi pertama GOJEK

Baca juga: inDriver hadirkan tempat peristirahatan bagi pengemudi di Jakarta

Baca juga: Pengemudi ojek daring ditemukan meninggal di dalam masjid di Ciracas
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022