APRC akan jadi barometer penyelenggaraan WRC, nanti akan ada tim observernya yang akan datang menilai layak atau tidak kita gelar WRC. Harusnya layak karena kita pernah melaksanakannya
Medan (ANTARA) - Pemprov Sumut bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) mematangkan persiapan pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli  2022 dengan melibatkan sejumlah pihak, baik sponsor maupun pemangku kepentingan lainnya.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di Medan, Selasa, mengatakan, kejurnas tersebut menjadi satu persiapan pula untuk menyambut Asian Pasific Rally Championship (APRC) yang akan diadakan September mendatang.

Keberhasilan APRC pun akan menjadi penilaian layak atau tidaknya World Rally Championship (WRC) pada 2023 diadakan.

Baca juga: IMI: APRC ajang kebangkitan reli di Indonesia

"APRC akan jadi barometer penyelenggaraan WRC, nanti akan ada tim observernya yang akan datang menilai layak atau tidak kita gelar WRC. Harusnya layak karena kita pernah melaksanakannya," katanya.

Ia mengatakan, dukungan yang diberikan Pemerintah Sumut dan Pemerintah Pusat harus menjadi semangat bagi IMI sebagai penyelenggara.

"Pemerintah ini sifatnya mendorong saja, saya pernah berada di posisi sebagai penyelenggara dan berharap ada dukungan pemerintah. Maka, sekarang ada dukungan pemerintah, harus dimanfaatkan. Sama-sama kita sukseskan kegiatan ini," katanya.

Pria yang akrab disapa Ijeck itu mengapresiasikan kesiapan IMI yang sejauh ini telah melakukan berbagai koordinasi baik itu permohonan kalender acara APRC di Sumut kepada Federation Internationale de Automobile (FIA), survei lokasi hingga koordinasi peningkatan sarana dan prasarana.

Ijeck melanjutkan, event ini harus didukung oleh semua pihak sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata melalui berbagai atraksi dalam upaya memulihkan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

"Apalagi Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat. Untuk mengundang orang banyak datang, satu di antaranya dengan event olahraga bertaraf dunia dan semoga mimpi ini bisa terlaksana," katanya.

Baca juga: Ryan Nirwan optimistis juara Kejurnas Rally di Sumut
Baca juga: FIA pertimbangkan Sumatra Utara gelar reli dunia

Pewarta: Juraidi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022