Jakarta (ANTARA News) - Honda City, Honda Jazz dan Honda CR-V kembali meraih penghargaan untuk kepuasan pelanggan dalam The 13th Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 dengan menerima ICSA pada tahun ini.

"Dari tiga kategori penghargaan otomotif, kami berhasil menyabet tiga penghargaan," ujar Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Jakarta, Kamis.

Dia menerangkan, Honda City meraih ICSA untuk kategori sedan kelas menengah. Penghargaan ini merupakan yang kedelapan kalinya yang diraih oleh Honda City sejak 2003 lalu. Honda City berhasil meraih nilai kepuasan pelanggan tertinggi dengan total nilai 4.313.

Sedangkan Honda Jazz menerima penghargaan untuk yang kelima kalinya secara berturut-turut di ajang ini. Kali ini Honda Jazz berhasil meraih nilai kepuasan pelanggan tertinggi di kelas mobil mini MPV dengan total nilai 4.277.

Sementara Honda CR-V, kata dia, berhasil mengungguli model lain di SUV dengan nilai 4.295. Ini merupakan penghargaan keempat CR-V sejak tahun 2008

"Penghargaan ini menunjukkan bahwa konsumen sangat puas baik dari segi pelayanan maupun aftersales servis dari Honda. Kami menjadi semakin terpacu untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan di masa yang akan datang dengan selalu meningkatkan kualitas pada setiap produk baru yang kami luncurkan," ungkap Jonfis.

Dia menjelaskan, yang lebih membanggakan adalah bahwa Honda City kembali meraih gelar ICSA untuk kedelapan kalinya meskipun telah cukup lama berada di pasaran. Selain itu, produk-produk baru Honda juga telah terbukti memberikan tingkat kepuasan yang sama dengan keberhasilan Jazz dan CR-V.

"Bagi kedua produk tersebut, penghargaan ini sekaligus mengimbangi prestasinya penjualannya yang cukup baik pada tahun ini," tambah Jonfis.

ICSA merupakan pelopor penghargaan di bidang pemasaran dan merek yang paling bergengsi di Indonesia. Tingkat kepuasan terhadap merek yang pernah dikonsumsi atau "Total Satisfaction Score" diukur dari 4 variabel kepuasan, antara lain kualitas nilai, "Perceived Best" dan ekspektasi.

Survei yang dilakukan Frontier Consulting Group dan majalah SWA tersebut dilakukan terhadap 8.400 responden yang terdiri atas 7.200 responden acak dan 1.200 responden "booster" di enam kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Selain untuk kategori otomotif, penghargaan ini juga melibatkan berbagai merek dari 111 kategori, seperti "consumer goods", "food & beverage", farmasi, elektronik, hingga otomotif.  (ANT-258/T010)
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011