Pekanbaru (ANTARA News) - Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII), Prof DR Mahfud MD, SH, melantik pengurus baru ikatan alumni perguruan tinggi itu untuk wilayah Riau di Pekanbaru, Sabtu.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit, dan Ketua DPRD Provinsi Riau, Johar Firdaus, serta kurang lebih seratus tamu yang juga merupakan alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Mahfud, yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), berharap kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII yang baru bisa lebih berprestasi demi mewujudkan dan mengembangkan daerah Riau.

"Hendaknya para alumni UII ini bisa lebih berperan serta dalam memajukan daerah Riau ini," kata mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogkarta itu.

Dia juga berpesan, agar setiap alumni dan seluruh rakyat Riau, dan umumnya rakyat Indonesia, bisa berperan sebagai cendekiawan.

"Kalau sarjana yang cendekiawan itu sarjana yang mempunyai tanggung jawab moral, untuk menyelamatkan orang yang ada di sekelilingnya, namun yang terjadi sekarang banyak sarjana yang tidak peduli dengan apa yang ada di sekelilingnya, jadi itu bukan termasuk dalam sarjana yang cendekiawan," kata Mahfud.

Mahfud mengajak semuanya bisa memposisikan diri sebagai seorang cendikiawan, yang bisa menyejahterakan dan menyelamatkan orang yang ada di sekelilingnya.

"Karena dengan kecendikiawan inilah dahulu orang-orang tua kita bisa memperjuangkan negara ini hingga merdeka sampai saat sekarang, oleh sebab itu di negara kita saat ini yang sangat dibutuhkan itu ialah sosok cendekiawan, seperti orang-orang dahulu" ujarnya.

Sementara itu, Rusli Zainal mengemukakan keyakinannya bahwa kepengurusan baru IKA UII ini yakin bisa membawa Riau ke arah kemajuan.

"Saya yakin dengan kualitas dan kapasitas para pemikir-pemikir UII ini sangat berpengaruh dalam kancah perpolitikan Tanah Air, hendaknya begitu juga dengan di Riau nantinya" kata Rusli.

Rusli juga berharap para alumni dari UII bisa menjadi penyumbang pemikiran terbesar untuk pembangunan Riau.

"Apalagi, saat ini Riau lagi butuh sumber daya manusia yang bisa membangun Riau ke depannya, mengingat Riau saat ini termasuk daerah yang sangat diperhitungkan di Tanah Air," ujarnya.

Ketua IKA UII wilayah Riau, Hazmi Setiadi, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa lebih seribu orang alumni Universitas Islam Indonesia tersebar di Provinsi Riau saat ini.

"Para alumni UII ini sangat banyak yang menyumbangkan pemikiran untuk perkembangan Riau, karena saat ini juga banyak pejabat-pejabat penting di Riau yang merupakan alumni dari UII," katanya.
(T.ANT-289/S023)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011