Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia memperkirakan jumlah penumpang kereta api dari Stasiun Senen Jakarta pada H-3 Lebaran, Sabtu, mencapai 13.000 orang.

"Pada H-3 ini diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik penumpang kereta dari Stasiun Senen," kata Humas PT KAI Sugeng Priyono kepada ANTARA di Stasiun Senen Jakarta, Sabtu siang.

Sugeng menjelaskan, berdasarkan laporan yang masuk pada H-4 jumlah penumpang di Stasiun Senen mencapai angka 11.216 orang.

"Hari ini akan meningkat lagi menjadi sekitar 13.000 orang," katanya.

Menurutnya, pada H-5 jumlah penumpang kereta api di Stasiun Senen mencapai 10.683 pada H-6 sebanyak 7.565 dan H-7 menjelang Lebaran 6.772 orang.

Sementara itu pada H-8 sebanyak 6.700 orang, pada H-9 tercatat 6.906 dan pada H-10 hanya 6.348.

Sementara itu, jumlah penumpang kereta api pada H-3 di wilayah Daop I diperkirakan akan menembus angka 45.000 orang.

"Untuk itu pada hari ini kami akan meningkatkan pengawasan dan pelayanan kereta api terkait dengan prediksi bahwa hari ini adalah puncak arus mudik," katanya.

Sementara itu, dia juga menambahkan bahwa penerapan sistem "boarding" masih diterapkan di Stasiun Senen.

"Dengan adanya sistem boarding maka penumpang bisa masuk ke peron dalam jika waktu keberangkatannya sudah dekat, jika belum maka tidak bisa masuk ke peron dalam dan harus menunggu waktu keberangkatannya tiba," katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan ANTARA di Stasiun Senen pada Sabtu siang terlihat jumlah penumpang yang membludak di bagian selasar-selasar luar stasiun.

Hal itu, karena ribuan penumpang menunggu giliran masuk ke dalam peron dalam stasiun sesuai dengan jam keberangkatan.

Kondisi semikian menyebabkan Stasiun Senen terlihat semrawut dan sangat padat.

(W004/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011