Jakarta (ANTARA News) - Pelajar asal Kota Bandung Jawa Barat, Daniel Hermawan, memenangi Toyota Hybrid Synergy Drive Campaign yang diselenggarakan Toyota Motor Asia Pacific pada Mei lalu.

"Ada 10 negara yang ikut pada ajang tersebut dan dari Indonesia menjadi juaranya," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan usai menyerahkan hadiah kepada Daniel di booth Toyota pada Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta, Sabtu.

"Toyota Hybrid Synergy Drive Campaign" merupakan ajang lomba via facebook yang digelar Toyota Motor Asia Pacific  untuk menjaring pendapat terutama anak muda pada 10 negara di Asia Pasifik tentang kendaraan ramah lingkungan.

"Setiap pekan pertanyaan berubah dan setiap minggu ada pemenang yang diadu pendapatnya untuk kemudian ditentukan pemenangnya," kata Johnny.

Selain dari Indonesia, ada juga finalis dari Malaysia dan Thailand. Namun, pendapat Daniel dalam ajang tersebut memikat para Juri.

Daniel, yang ketika mengikuti lomba masih pelajar dari SMAK 1 penabur Bandung, mengaku sangat senang menjadi pemenang ajang yang hadiah utamanya liburan empat hari, tiga malam di Maldives.

"Saya mungkin akan memanfaatkan hadiah liburan itu pada Desember," ujar Daniel yang kini menjadi mahasiswa pada perguruan tinggi di Bandung itu.

Ia mengatakan jawaban dia atas pertanyaan bagaimana menurunkan tahap hingar bingar di bandar-bandar membawanya menjadi pemenang. "Saya mengatakan hal itu dapat dilakukan dengan SMART," katanya.

SMART merupakan sebuat konsep yang artinya Smooth, Machine, Alternatif, Reduksi, Tanaman.  "Jadi kebisingan bisa misalnya dikurangi dengan mengurangi ketukan pada mesin dan banyak menanam pohon bambu," katanya sedikit menjelaskan.
(R016)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011