Medan (ANTARA News) - Tim Suzuki Spectra Indocafe Rally akan menggunakan ban terbaru dari Swallow selaku produsen ban tetap reli Spectra, di ajang Medan Rally 2011 yang merupakan seri II kejuaraan North Sumatera Rally Championship.

Pereli Tim Suzuki Spectra Indocafe Rally, Eddy WS, di Medan, Selasa, mengatakan bahwa pada Medan Rally 2011 tersebut, ia bersama navigatornya, Syariful Adil, tetap mengandalkan mobil Suzuki SX 4 yang bertarung di kelompok kendaraan berpenggerak dua roda.

"Kali ini kami lebih yakin, karena mendapat bekal ban baru dari Swallow. Kami juga gembira karena mendapat kepercayaan uji coba ban baru khusus reli sebelum dipasarkan untuk konsumsi negara-negara Amerika Latin," katanya.

Berbicara tentang target di kejuaraan yang akan berlangsung Jumat-Minggu, 15-17 Juli 2011 itu, ia mengatakan mengincar podium juara dalam event yang berlangsung di Medan dan kawasan perkebunan Rambong Sialang, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Ia mengatakan bahwa pada event yang digelar dalam rangka menyemarakkan HUT Kota Medan ke-421 ini, tim nya telah mempersiapkan diri sejak dini, guna mencoba hasil yang lebih maksimal lagi.

"Kami tetap fokus untuk mengusai grup GR 2, meski tetap mengincar podium dengan mencoba masuk posisi 3 besar, yang pada seri I di Kabupaten Langkat, April lalu urung dicapai," katanya.

Sementara sang navigator, Syariful Adil, mengatakan dari uji coba yang telah dilakukan di lintasan yang berlokasi di salah satu kawasan kebun di Rambong Sialang dengan tipikal trek mirip lokasi SS (spesial stages) lomba, ia mengaku telah menemukan trik yang tepat guna menaklukkan lintasan.

"SS di Rambong Sialang ini masuk katagori high speed. Karenanya, mobil-mobil dengan power besar di grup GR 2, seperti Mitsubishi GTi bakal diuntungkan. Tetapi, SS di Cemara Abadi, yang tricky, itu akan menjadi milik kita. Hal lain, kondisi cuaca yang tidak menentuk juga bisa menyulitkan, apalagi hampir setiap malam hujan turun di Rambong Sialang," katanya.

Reli delapan SS memperebutkan trofi Walikota Medan, Rahudman Harahap tersebut, berjarak tempuh total 115 km.

Lomba akan dimulai di Sirkuit Cemara Abadi, dengan menggelar balap malam hari di SS 1 dan berlanjut di Rambong Sialang untuk empat SS dan berakhir di Sirkuit Cemara Abadi dengan memperlombakan tiga SS terakhir, sebelum finis di Lapangan Merdeka Medan.(*)
(T.KR-JRD/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011