Monza, Italia (ANTARA News/Reuters) - Fernando Alonso merebut kemenangan pertamanya pada Grand Prix Italia bersama tim Ferrari, Minggu, sementara Lewis Hamilton hanya bertahan kurang dari satu putaran dan membuat posisi puncak klasemen kembali pada pembalap Australia Mark Webber.

Ini merupakan kemenangan pertama Ferrari di sirkuit di kandang mereka sendiri sejak kemenangan Michael Schumacher pada 2006 dan Alonso menjawab harapan para pendukung Ferrari itu meskipun sempat disalip oleh juara dunia dari tim McLaren, Jenson Button, pada awal balapan.

Button, yang sempat memimpin di depan selama lebih dari separuh balapan itu dengan keunggulan lebih dari sedetik, harus puas di posisi kedua setelah kehilangan posisi pertamanya ketika "pitstop" setelah 36 dari 53 putaran dalam balapan tersebut.

Dengan rekan setim Button, Hamilton, harus keluar pada putaran pertama, yang membuat pembalap Red Bull Webber mengamankan keunggulan lima poin meskipun mencapai finis di posisi keenam.

Lima posisi teratas kini hanya berbeda 24 poin, kurang dari 25 yang tersedia untuk sebuah kemenangan, dengan lima balapan tersisa.

Webber mengumpulkan 187, Hamilton 182, Alonso 166, Button 165, dan pembalap Red Bull Sebastian Vettel 163.

Button mencegah terjadinya posisi finis satu-dua bagi Ferrari pada balapan tersebut, dengan pembalap Brazil Felipe Massa harus puas di posisi ketiga.

"Ini motivasi yang bagus bagi kami semua tapi lima balapan tersisa sangat penting," kata Alonso, yang mengawali balapan itu dari posisi terdepan.

"Kami perlu mempertahankan ketenangan. Ini akhir pekan yang bagus bagi kami. Spa merupakan akhir pekan yang buruk. Kami perlu menemukan beberapa konsistensi pada balapan terakhir," katanya.(*)
(I015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010