Beijing (ANTARA News) - Kementerian perdagangan China telah memberikan lampu hijau untuk rencana oleh Zhejiang Geely Holding untuk membeli Volvo Cars Swedia dari raksasa otomotif AS Ford, sebuah laporan mengatakan Kamis.

Kesepakatan itu disetujui pada Senin dan tidak memerlukan dukungan dari setiapinstansi pemerintah China lainnya , Dow Jones Newswires melaporkan, mengutip seorang pejabat di bagian pers kementerian perdagangan itu.

Geely, yang setuju untuk mengambilalih Volvo pada Maret, telah menyatakan akan menghabiskan 2,7 miliar dolar dalam kesepakatan itu -harga asli sebesar 1,8 miliar dolar ditambah 900 juta dolar modal kerja untuk memperbaiki merek.

AFP melaporkan, badan pengawas persaingan Uni Eropa telah membersihkan pengambilalihan.

Produsen mobil China telah mengatakan pihaknya memperkirakan untuk menutup pengambilalihan merek Swedia - dikenal untuk kendaraan keluarga yang kokoh-ramah - pada akhir September.

Geely telah menyatakan rencananya untuk memperluas kehadiran Volvo di China, sekarang pasar mobil terbesar di dunia. Pimpinan perusahaan Li Shufu juga akan memimpin perusahaan Swedia, kedua kelompok mengatakan awal bulan ini.

Geely telah menjadi salah satu pembuat mobil swasta terbesar di China sejak peluncuran bisnis manufaktur mobil pada 1997. Perusahaan memiliki kapasitas produksi tahunan 300.000 mobil tetapi telah terjual kurang dari 200.000 di luar negeri sejak 1997.

(A026/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010