Jakarta (ANTARA) - Perusahaan minyak raksasa Arab Saudi, Aramco ingin mengakuisisi kepemilikan saham di perusahaan mesin dan powertrain milik pabrikan mobil Prancis dan China, Renault dan Geely.

Reuters mewartakan pada Sabtu (4/3), Aramco sudah masuk dalam tahap pembicaraan untuk mengakuisisi 20 persen saham perusahaan powertrain Geely-Renault yang fokus pada pengembangan mesin bakar konvensional (combustion engine) dan teknologi hibrida.

Mereka mengatakan pada Kamis (2/3) bahwa usaha patungan itu akan fokus pada mesin berbahan bakar bensin rendah emisi di tengah-tengah gempuran mobil listrik.

"Kemitraan dengan Aramco ini akan memberikan keunggulan dalam perlombaan menuju teknologi powertrain yang rendah emisi," kata CEO Renault Luca de Meo dalam pernyataannya.

"Masuknya Aramco akan memberikan kami pengetahuan baru yang membantu kami dalam mengembangkan inovasi di bidang bahan bakar sintetis maupun hidrogen," kata De Meo.

Kesepakatan itu akan menjadikan Aramco sebagai produsen minyak besar pertama yang berinvestasi dalam bisnis mobil.

Tahun lalu, Aramco mengumumkan kemitraan dengan Hyundai Motor Co untuk mempelajari bahan bakar canggih yang dapat digunakan mesin hybrid demi mengurangi emisi CO2.


Baca juga: Nissan bakal hadirkan 19 model EV baru sampai 2030

Baca juga: Renault umumkan keluar dari masa sulit

Baca juga: Renault Nissan umumkan inisiatif baru aliansi, patahkan isu pecah
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023