Paris (ANTARA News/AFP) - Raksasa otomotif Prancis PSA Peugeot Citroen, Senin mengatakan, pihaknya meningkatkan kerjasama dengan NAZA Malaysia, menandatangani sebuah kesepakatan perakitan dan penjualan untuk sedan keluarga di negara-negara Asia Tenggara.

Sekitar 70.000 kendaraan akan dibuat, mulai dari kuartal kedua 2011 pada pabrik Gurun NAZA tepat di utara ibukota Kuala Lumpur Malaysia.

"Perakitan kendaraan di Malaysia berarti kita bisa mendapatkan keuntungan dari perjanjian bea cukai dengan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sehingga ekspor ke negara-negara lain dalam pengelompokan ... termasuk di Pasifik dan di Afrika," kata PSA dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah persetujuan ketiga PSA dengan NAZA. Yang pertama, untuk model 206, adalah disepakati pada 2006, diikuti tahun 2009 dengan kesepakatan pada model pengganti 207.

PSA, peringkat kedua di Eropa belakang Volkswagen Jerman, melaporkan minggu lalu menjual 1,86 juta kendaraan dalam enam bulan sampai Juni, naik 16,9 persen dari tahun sebelumnya karena berusaha membangun penjualan luar negeri bahkan lebih cepat.

ASEAN terdiri dari 10 negara di wilayah yang bertujuan untuk mencapai rezim nol-tarif tahun 2015, bahan utama untuk rencana ambisius untuk membuat satu pasar dan basis produksi pada 2020. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010