New York (ANTARA News/AFP) - General Motors, Rabu mengatakan, penjualannya di AS naik 16,6 persen pada Mei dari setahun sebelumnya, kenaikan delapan bulan berturut-turut bagi pembuat mobil terkemuka AS.

GM mengatakan 223.822 mobil dan truk dijual pada Mei, melampaui penjualan April sebanyak 183.091 kendaraan.

Pembuat mobil, yang diselamatkan dari kebangkrutan oleh pemerintah federal tahun lalu, mengatakan bahwa penjualan empat merek yang dipertahankan menyusul restrukturisasi -- Chevrolet, Buick, GMC dan Cadillac -- naik 31,8 persen dari Mei tahun lalu.

Steve Carlisle, wakil presiden operasi penjualan GM untuk AS, mengatakan bahwa merek GM telah mengungguli pasar mobil AS berkat produk-produk terbaru perusahaan.

"Setiap merek kami memiliki produk baru yang diterima dengan baik oleh pelanggan. Bahkan, kendaraan baru ini sekarang mencapai sekitar satu dari empat penjualan ritel di AS," katanya.

Bulan lalu, GM melaporkan keuntungan kuartalan pasca kebangkrutan untuk pertama kalinya dalam tiga tahun didukung lonjakan penjualan dan langkah-langkah pemotongan biaya.

GM memasuki reorganisasi kebangkrutanyang didukung pemerintah pada 1 Juni 2009, dengan kewajiban 172,8 miliar dolar.

Perusahaan ini bangkit dari perlindungan kebangkrutan pada 10 Juli dengan 48,4 miliar dolar utang.

Pemerintah AS -- yang telah memberikan pembiayaan sekitar 50 miliar dolar -- menerima 60,8 persen saham di perusahaan baru yang disebut General Motors Company.

Kanada, yang memperpanjang pinjaman 9,1 miliar dolar, memiliki 11,7 persen saham dan serikat pekerja United Auto Workers, dana kesehatan pensiunan kepercayaan memegang 17,5 persen. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010