Beijing (ANTARA News) - Perusahaan otomotif China, Geely Automobile-Holding Limited, akan tetap komitmen melakukan investasi di Indonesia senilai lebih dari 30 juta dolar AS setara dengan Rp270 miliar untuk tahap awal.

Sampai saat ini belum ada perubahan niat berinvestasi untuk pengembangan Geely Motor di Indonesia, kata Presiden Direktur Geely Motor Indonesia, Budi Pramono di sela pameran Auto China 2010 di Beijing, Minggu.

"Kalau perlu nilainya itu akan ditambah tetapi akan dilihat dan dievaluasi jumlah pemasaran di Indonesia ke depan," kata Budi.

Dikatakan, persaingan pemasaran mobil di Indonesia relatif ketat, bahkan lebih banyak dikuasai merek tertentu. Akan tetapi, Geely akan tetap melakukan terobosan dalam pemasaran seperti menawarkan harga wajar untuk kelas menengah ke bawah dengan memberikan garansi perawtan sampai 5 tahun atau jarak tempuh 130 ribu km.

Sementara itu Wakil Presiden Direktur Geely Automobile Holdings Limited Group, Jian Yang mengatakan pabrikan mobil asal China, siap meningkatkan penetrasi pasar dunia melalui beragam jenis mobil yang tidak kalah desain dan teknologi dengan AS dan Eropa.

Yang Jian mengungkapkan pihaknya akan membuktikan bahwa pabrikan China pun kini sudah sejajar dengan pabrikan global yang sudah lama invasi di dunia otomotif.

"Dan sudah saatnya China tidak bisa dipandang sebelah mata. Kami akan hadir di pasar Asia dan dunia, mobil dengan penampilan futuristik yang telah mengaplikasikan teknologi terbaru," ujarnya di sela--sela ajang Pameran otomotif Beijing Auto Show ini.

Pameran otomotif terbesar di Asia, Beijing Auto Show akhir pekan lalu, disambut meriah oleh pecinta otomotif dunia. Pameran yang akan ditutup pada 2 Mei mendatang itu menjadi ajang `unjuk gigi` bagi pabrikan mobil asal China dan global untuk menampilkan model dan jenis terbaru.

Tercatat sekitar 89 mobil baru memulai debut perdananya di ajang yang akan menggunakan lahan hingga seluas 200.000 meter persegi tersebut dan ditargetkan akan dikunjungi 700.000 orang.

Pabrikan mobil terbesar di China, Geely, menampilkan 54 produk andalannya di anjungan seluas 3.000 meter.

Di ajang tersebut, Geely akan menampilkan 39 mobil, 14 power train dan 1 simulator.

Salah satu yang jadi andalannya adalah mobil elektrik yang ramah lingkungan seri EK, yakni EK-1 dan EK-2 selain tipe sebelumnya yang sudah diperbarui, yakni Old IG dan EC7RV.

Selain ke-4 jenis "mobil hijau"-nya, Geely juga menampilkan 3 subbrand yakni Emgrand, Gleagle, dan Englon. Dalam ajang tersebut, Emgrand menampilkan mobil--mobil futuristik berdesain mewah, di antaranya sedan GE, di ajang ini pula, Emgrand, Gleagle, dan Englon akan menampilkan 30 mobil yang terdiri atas 8 sedan, 7 hatchback, 7 SUV , 4 MPV, 2 sports cars dan 2 pickup.

Pada subbrand Emgrand, Geely menampilkan wajah baru dari sedan GE dan GT yang semakin futuristik dan berdesain mewah. Selain itu ada minibus atau multipurpose vehicle (MPV) EX7, EX8, EX9, EV8, dan EV7 yang sudah mengaplikasikan teknologi terbaru.

Sementara itu, pada subbrand Gleagle, pabrikan asal China tersebut mengandalkan GS yang didesain sporty dengan 2 penumpang. Di segmen citicar, Gleagle juga menampilkan IG yang sudah diperbarui dengan bentuk pintu seperti sayap burung.
(Y005/S004)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010