Jakarta (ANTARA) - Honda Motor Co mendesain ulang tampilan dan pemasaran kendaraan sport dan truknya untuk menarik konsumen Amerika Serikat, agar dapat bersaing dengan tren di negara tersebut, Reuters melaporkan, Sabtu.

Honda pada hari Kamis (8/10) meluncurkan tampilan baru untuk pikap Ridgeline berukuran sedang, memberi kendaraan gril yang lebih besar dan fitur yang mempermudah berkendara di off-road lainnya.

Kampanye baru yang diluncurkan pada hari Jumat (9/10) menunjukkan Ridgeline mengangkut sepeda dan menyusuri jalan yang tidak beraspal di Pegunungan Rocky.

Honda berharap pendekatan baru ini akan meningkatkan penjualan Ridgeline menjadi 50 ribu truk per tahun dari sekitar 33 ribu pada 2019, kata Jay Joseph, wakil presiden pemasaran mobil Honda di AS.

Baca juga: Honda CBR600RR baru sudah mulai dipasarkan

Baca juga: Honda akan tampilkan mobil listrik di Beijing Auto Show 2020

Produsen mobil itu memperkirakan penurunan 68 persen dalam laba operasi global untuk tahun fiskal saat ini yang berakhir 31 Maret, terutama karena penjualan yang hilang akibat pandemi.

Selain Ridgeline, Joseph menambahkan SUV Honda Passport akan menjadi salah satu model berikutnya yang mendapatkan perubahan off-road.

Sejak 1970-an, Honda di AS identik dengan mobil-mobil yang bersahaja, direkayasa dengan baik dan sangat efisien seperti Honda Civic dan Accord. Kendaraan segmen SUV, minivan, dan truk pickup Ridgeline Honda pun dibuat dengan sasis penanganan yang mulus dari sedan tersebut.

Namun selama lima tahun terakhir, konsumen AS telah beralih ke kendaraan yang lebih besar dengan penggerak semua roda (all-wheel drive), suspensi yang diperkuat, serta mobil yang dirancang untuk membajak jalur offroad.

Ford Bronco sport utility dan model F-150 Raptor mengejar tren ini. Fiat Chrysler Automobiles memperluas merek Jeep-nya untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari segmen yang didominasinya.

Lebih dari 70 persen kendaraan yang dijual di AS tahun lalu adalah truk dan SUV menengah. Namun, Honda belum menjual pikap besar yang bisa bersaing dengan Ford F-150.

Baca juga: Honda AS "banting setir", dari sedan andalkan pikap dan SUV

Baca juga: Acura perlihatkan interior dari MDX sebelum peluncuran

Baca juga: Honda konfirmasi ada kecelakan akibat kantung udara Takata rusak

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020