Jakarta (ANTARA) - Honda Motor Co mengubah strategi penjualan di Amerika Serikat yang semula mengandalkan segmen sedan, namun kini mereka akan menyasar segmen mobil berukuran lebih besar yakni sport utility vehicle (SUV) dan pickup

Sejak 1970-an, Honda di Amerika Serikat identik dengan sedan Accord dan Civic. Bahkan beberapa model minivan dan SUV yang mereka jual menggunakan sasis dari sedan-sedan tersebut.

Namun dalam lima tahun terakhir, konsumen AS lebih tertarik pada mobil dengan ukuran lebih besar, menonjolkan kesan petualang dan berfitur penggerak semua roda (all wheel drive).

Baca juga: Tampilan Honda SUV e:concept yang akan diproduksi massal

Dilansir Reuters, Jumat (9/10), jenis mobil yang menjadi tren dan mendominasi tabel-tabel penjualan di AS pada saat ini adalah Ford Bronco, Ford F-150 Raptor, juga Jeep.

Lebih dari 70 persen kendaraan yang dijual di Amerika Serikat pada tahun lalu adalah pickup dan SUV. Sayangnya, Honda tidak memiliki banyak model di segmen pickup untuk bersaing dengan Ford F-150 Raptor, Chevrolet Colorado, atau Nissan Frontier.

"Kami tidak mengikuti tren dengan industri lainnya," kata Jay Joseph, wakil presiden pemasaran Honda AS.

Untuk itu, Honda AS menyegarkan tampilan honda Ridgeline dengan harapan dapat menaikkan penjualan dari 33.000 unit pada 2019 menjadi 50.000 unit pada tahun ini.

Jay Joseph mengatakan bahwa SUV Honda Passport akan mendapatkan penyegaran berupa fitur-fitur offroad, agar bisa bersaing dengan Jeep Grand Cherokee.

Baca juga: Jeep perkenalkan Grand Cherokee bermesin baru

Baca juga: Honda konfirmasi ada kecelakan akibat kantung udara Takata rusak

Pewarta: A069
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020