Jakarta (ANTARA News) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai agen tunggal pemegang merek Mitsubishi di Indonesia mengincar 15 persen dari total pasar mobil di dalam negeri tahun ini yang diproyeksi berada pada kisaran 600 ribu unit.

"Kami menargetkan penjualan mobil bisa mencapai angka 90 ribu unit atau sekitar 15 persen dari pasar di Indonesia," kata Direktur Pemasaran KTB Rizwan Alamsjah di Jakarta, Senin malam, pada pertemuan ramah tamah dengan media terkait pengumuman pergantian presdir dari Fumio Kuwayama kepada H Mizuhara mulai 17 Pebruari 2010.

Dari jumlah tersebut, ia berharap kontribusi penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi terhadap total penjualan KTB meningkat dari 10 persen menjadi 15 persen. Selama ini, diakuinya, KTB mengandalkan penjualan kendaraan komersial yang terdiri dari colt diesel dan truk Fuso.

KTB menjadi pemimpin pasar pada kendaraan niaga dengan penguasaan pasar mencapai lebih dari 60 persen baik untuk truk ringan maupun truk di atas dua ton.

Oleh karena itu, Rizwan optimistis target KTB akan tercapai seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang mendorong naiknya permintaan mobil di dalam negeri. Tahun lalu penjualan mobil turun sekitar 16 persen menjadi sekitar 480 ribuan unit dari tahun 2008 yang menembus angka 600 ribu unit.

Tahun ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan pasar mobil di Indonesia bangkit dengan pertumbuhan berkisar pada angka 15 -25 persen menjadi 550 ribu sampai 600 ribu unit.

"Tahun lalu ketika ekonomi turun dan pasar (mobil) turun memang penjualan kendaraan komersial turun 30 persen lebih besar dari kendaraan penumpang yang penurunannya hanya 15 persen. Tapi biasanya kalau pasar naik, maka permintaan kendaraan komersial naik lebih besar lagi," ujarnya.

Diakuinya, persaingan kendaraan komersial semakin ketat dengan semakin fokusnya merek lain seperti Toyota dan Hino menggarap pasar Indonesia. "Persaingan di segmen kendaraan komersial memang seperti itu, cukup keras, dan saya tidak lihat suatu hal baru," ujarnya.

Pada 2009 KTB mencapai penjualan sebesar 61.735 unit atau menguasai sekitar 12,7 persen dari total pasar mobil di Indonesia. Dengan target penjualan sebesar 90 ribu unit berarti KTB mengincar pertumbuhan penjualan sebesar 45 persen tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu calon Presdir KTB H Mizuhara mengatakan, akan mempertahankan dan memperkuat pencapaian KTB selama ini yang memimpin pasar kendaraan komersial di Indonesia. "Indonesia merupakan pasar yang besar dan penting bagi kami," ujarnya.

Prinsipal Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) memberikan penghargaan kepada KTB atas pencapaian produksi 100 ribu unit colt diesel dalam tiga tahun, sehingga Indonesia menjadi pasar terbesar dan terpenting bagi perusahaan otomotif Jepang itu.

Sejak diproduksi di Indonesia pada 1970 sampai saat ini, penjualan kendaraan komersial itu telah mencapai 700 ribu unit di dalam negeri, dari total penjualan KTB selama 40 tahun yang mencapai 1,8 juta unit. (R016/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010