New York (ANTARA News/AFP) - Pembuat mobil Jepang Nissan, Rabu mengumumkan, akan menjual mobil kecil pertama di India mulai Juli, karena perusahaan internasional berlomba untuk bersaing di negara yang ekonomi konsumennya sedang "booming".

Mobil kecil, atau hatchbacks, terdiri dari hampir dua-pertiga dari total penjualan mobil di India, dan Nissan Jepang saingan Suzuki mengontrol lebih dari setengah dari pasar melalui nama merek lokal Maruti.

"Kami di jalur baik untuk membuka pabrik baru pada Maret. Produksi akan mulai pada Mei dan hatchback pertama ... akan dijual mulai Juli," kata Kiminobu Tokuyama, managing director Nissan India.

Perusahaan mengatakan akan melakukan ekspor kendaraan akhir 2010 dan membangun India sebagai pusat manufaktur global.

Nissan model mobil kecil akan membantu perusahaan menarik perkembangan pasar mobil India, yang diperkirakan tiga sampai enam juta mobil dari dua juta dalam satu dekade.

Negara ini cepat berubah menjadi medan pertempuran karena pembuat mobil global seperti Ford dan Toyota mencari daerah pertumbuhan baru untuk mengimbangi anemia penjualan Barat.

"Ini belum terlambat, kami siap untuk menantang. Kami telah datang ke sini untuk menjadi pemain utama," kata Tokuyama. "Pada saat ini, ini adalah pasar yang paling penting untuk Nissan setelah Rusia dan China."(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010