Jakarta (ANTARA News) - Penumpang kereta api dari Jakarta menuju sejumlah daerah di Jawa pada libur Natal tahun ini diperkirakan naik 10 persen.

Pada H-2 Natal tahun ini jumlah penumpang mencapai 33.120 orang, naik dari H-2 Natal tahun lalu yang berjumlah 30.796 penumpang, kata Kahumas PT Kereta Api Daops I, Sugeng Priyono, di Jakarta, Kamis.

"Untuk hari ini saja, saya prediksikan jumlahnya lebih di atas 33 ribu penumpang," ujarnya.

Sejak 17 Desember lalu, kata Sugeng, PT KA mulai menambahkan rangkain gerbong pada tiap kereta api yang diberangkatkan. Ini dimaksudkan agar makin banyak jumlah penumpang yang bisa diangkut.

"Skenario antisipasi membludaknya penumpang yang ke Jateng dan Jatim, sejak tanggal 17 lalu seluruh rangkaian KA Reguler ditambah," tandasnya.

PT Kereta Api Daops I juga menyiapkan dua kereta api tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. PT KA juga memaksimalkan rangkaian kereta api agar jumlah penumpang yang diangkut juga bertambah.

"Hari ini akan diberangkatkan KA tambahan tujuan Solo nanti malam Argo Lawu. Nanti malam juga ada KA Parahyangan jurusan Bandung," kata Sugeng.

Jika dimungkinkan juga akan diberangkatkan KA tambahan Cirebon Express, apabila penumpang ke daerah itu melonjak.

"Rangkaiannya dimaksimalkan maksimum daya tarik lokomotif. Rata-rata hampir setiap KA ada penambahan 1 gerbong," lanjutnya.

Dengan ditambahnya gerbong, tiap kereta eksekutif bisa menambah penumpang 50 orang, bisnis tambah 75 dan ekonomi ada tambahan kapsitas 150 orang.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009