Milan (ANTARA News/AFP) - Raksasa mobil Italia Fiat akan meningkatkan produksi hingga satu juta mobil setahun di Italia pada 2011 dari kapasitas sekarang 650.000 unit, kata Kepala Eksekutif FiaT Sergio Marchionne, Selasa.

Berbicara kepada para pejabat pemerintah dan pemimpin serikat buruh di Roma, Marchionne juga mengatakan Fiat akan berinvestasi delapan miliar euro (11,4 miliar dolar AS) di Italia selama dua tahun, lapor kantor berita Italia ANSA.

Penjualan mobil telah meningkat di seluruh Eropa dalam beberapa bulan setelah bencana keruntuhan di awal tahun, menyusul pelaksanaan program bonus tunai pemerintah untuk pembeli mobil di banyak negara ekonomi utama.

Pada hari yang sama, pembuat mobil utama Jepang Toyota dan Nissan mengatakan produksi dalam negeri mereka meningkat untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun pada November karena penjualan kembali pulih dari krisis terburuk yang memukul industri otomotif dalam beberapa dekade.

Produsen mobil nomor satu dunia, Toyota, mengatakan telah memproduksi 326.893 mobil, truk dan bus di Jepang bulan lalu atau naik hingga 13,5 persen dari tahun sebelumnya dan yang pertama dalam 16 bulan.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009