Jakarta (ANTARA) - Sebagai produsen kendaraan yang melayani konsumen secara global, Honda bertanggung jawab memastikan produk yang digunakan konsumen tetap dalam kondisi prima dan aman.

Honda Indonesia, melalui siaran pers pada Jumat menyatakan bahwa kampanye pemanggilan kembali untuk perbaikan (recall) merupakan program yang umum dilakukan produsen guna melakukan pembaruan atau perbaikan terhadap produk yang sudah ada di tangan konsumen.

Baca juga: Honda "recall" 85.025 mobil libatkan Brio, Mobilio hingga Jazz

Karena itu, Honda juga beberapa kali mengumumkan recall sehubungan dengan perbaikan komponen kendaraan yang digunakan konsumen. Tujuannya, memastikan konsumen menggunakan produk Honda dengan aman dan nyaman.

Recall yang baru-baru ini diumumkan Honda adalah perbaikan komponen Fuel Pump untuk produk-produk Honda di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

"Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun," kata Service & Parts Asst General Manager PT Honda Prospect Motor, Denny MT dalam siaran pers.

Jika Anda salah satu pemilik mobil yang termasuk dalam program ini, pihak Honda akan menghubungi Anda untuk membantu proses perbaikan. Anda juga dapat melihat apakah mobil Anda termasuk dalam program ini di halaman ini.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai program ini, berikut adalah beberapa informasi yang kami rangkum seputar aktivitas recall. Anda juga dapat menghubungi Customer Care Honda di 0-800-1446-632 dari Senin – Jumat, pukul 08.00 s/d 17.30 WIB.

Baca juga: Honda tarik 241.000 Odyssey karena masalah kabel

Berikut beberapa hal dan langkah-langkah yang perlu diketahui untuk memudahkan konsumen terkait program recall Honda:

Bagaimana mengetahui mobil yang termasuk program recall?

Customer Care atau diler Honda akan menghubungi konsumen dan mengirimkan surat pemberitahuan langsung untuk menginformasikan apabila mobil Anda termasuk dalam program pemanggilan untuk perbaikan.

Selain itu, konsumen dapat melakukan pengecekan sendiri dengan memasukkan nomor rangka mobil di website http://pud.honda-indonesia.com/

Apa yang perlu dilakukan jika mobil termasuk program recall?

"Kami imbau Anda untuk segera menghubungi diler resmi Honda untuk melakukan perbaikan. Anda dapat melakukan booking service dengan menghubungi bengkel resmi Honda terdekat yang dapat dicek disini, atau melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat di unduh pada App Store/Play Store," kata pernyataan itu.

Khusus bagi konsumen yang melakukan booking untuk penggantian Fuel Pump melalui aplikasi Honda e-Care, akan mendapatkan 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis selama bulan Juli – September 2020.
 
Perbaikan mobil Honda (ANTARA/HO)


Apakah program recall tersedia di seluruh bengkel resmi Honda?

Ya, konsumen dapat mengikuti program recall di seluruh bengkel resmi Honda di Indonesia. Daftar diler terdekat dari lokasi Anda dapat dicek di laman resmi Honda Indonesia.

Apakah dikenakan biaya untuk program recall?

Seluruh proses penggantian komponen Fuel Pump dilakukan tanpa dipungut biaya.

Apakah ada syarat dan ketentuan untuk mengikuti recall?

Tidak ada. Apabila mobil termasuk dalam program recall konsumen dapat langsung melakukan booking service di bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk perbaikan?

Waktu untuk perbaikan bervariasi, tergantung jenis komponen yang diperbaiki. Untuk program penggantian komponen Fuel Pump membutuhkan waktu sekitar 60 – 90 menit.

Apakah kendaraan aman digunakan selama menunggu penggantian komponen?

Konsumen tetap dapat menggunakan kendaraan, namun pihak Honda menyarankan untuk segera melakukan penggantian komponen di bengkel resmi.

Apakah ada batasan waktu untuk program recall?

Program recall Fuel Pump dimulai tanggal 15 Juli 2020. Meskipun tidak ada batasan waktu, Honda menyarankan untuk melakukan perbaikan secepatnya.

Jika sebelumnya pernah ikuti recall Honda, mengapa sekarang kembali dipanggil untuk recall?

"Kami senantiasa melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang telah kami produksi untuk menjaga standar dan kualitas tertinggi," sambung pernyataan itu.

Tindakan pemanggilan kembali atau recall dilakukan ketika ditemukan ketidaksesuaian dengan standar produksi, sehingga perusahaan melakukan penggantian komponen sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan konsumen.

Apakah perbaikan bisa menggunakan Home Service?

Terkait dengan prosedur perbaikan, proses penggantian komponen Fuel Pump hanya dapat dilakukan di bengkel resmi Honda. Sebagai pilihan, konsumen dapat memesan layanan pick up service atau penjemputan mobil ke rumah sesuai dengan ketersediaan di masing-masing diler.

Sehubungan COVID-19, apakah aman ke bengkel Honda untuk perbaikan?

Untuk menjaga kesehatan dari setiap pengunjung, Honda menerapkan prosedur kesehatan meliputi pengecekan suhu badan, imbauan menggunakan masker, penerapan physical distancing di ruang penerimaan dan ruang tunggu serta proses sanitasi terhadap fasilitas dan kendaraan.

Selain itu, saat melakukan pengerjaan, teknisi juga akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di dalam kabin serta wajib menggunakan masker dan sarung tangan.
 
Perbaikan mobil Honda (ANTARA/HO)



Baca juga: Lebih 64.000 mobil Honda ditarik, termasuk HR-V 2018

Baca juga: Soal Takata belum tuntas, Honda tarik 1,6 juta lagi kendaraan

Baca juga: Honda Indonesia "recall" 7.330 mobil ganti komponen airbag Takata
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020