Pontianak (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) sudah empat kali menaikkan kapasitas pabrik sepeda motor khusus tipe matik untuk memenuhi tingginya permintaan hingga akhir tahun ini.

"Ini juga masih belum mampu melayani permintaan yang kini mencapai 120 ribu unit per bulan," kata Manajer Product Sales & Channel Management PT AHM Timotius Gunarko di Pontianak, Selasa.

PT AHM mula-mula menyiapkan pabrik dengan kapasitas 55 ribu unit sepeda motor untuk tipe matik. Kemudian ditingkatkan menjadi 60 ribu unit, lalu 80 ribu unit dan 100 ribu unit per bulan.

Menurut dia, sejumlah varian angka pesanan konsumen sudah mencapai ribuan unit per bulan. Ia mencontohkan Vario Techno dengan kapasitas pabrik delapan ribu unit, namun permintaan mencapai 10.500 unit per bulan.

Vario Techno merupakan salah satu varian terbaru motor matik yang dirilis PT AHM beberapa waktu lalu.

Ia juga optimistis pasar sepeda motor di tahun 2010 akan naik secara signifikan. Penjualan sepeda motor hingga Juni 2009 sudah berkisar di angka 2,5 juta unit. Timotius Gunarko mengatakan, angka tersebut jauh di atas prediksi PT AHM sebelumnya.

PT AHM, lanjut dia, akan menyiapkan sejumlah produk untuk menghadapi persaingan ketat di tahun 2010.

Namun ia enggan mengungkapkan produk baru yang disiapkan PT AHM dengan pertimbangan kepentingan perusahaan terkait kompetitor.

"Yang pasti, kami fokus ke semua segmen yang sudah digarap seperti jenis `sport`, `cab` dan matik," kata

Ia menambahkan, saat ini pihak manajemen PT AHM tengah mengkaji berbagai asumsi makro ekonomi Indonesia tahun 2010 yang disampaikan pemerintah.

"Sebelum menentukan berapa target PT AHM di tahun mendatang. Data-data itu dikompilasi sehingga didapatkan angkanya," kata Timotius Gunarko.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009