Jakarta (ANTARA News) - Pereli Tim Pertamina Prima XP Rifat Sungkar (Indonesia) dengan navigator Scot Beckwith (Ausralia), naik podium ketiga kejuaaran "MR9 - Ancom Malaysian Rally" yang merupakan kejuaraan APRC putaran 5 dan Asia Rally Championship (ARC) putaran kedua di Johor Bahru, Malaysia, Minggu.

Podium pertama dan kedua ditempati pereli Ti Subaru Motor Image Cody Crocker/Ben Atkinson dan Emma Gilmour/Rhianon Smyth asal Australia.

"Dengan keberhasilannya di podium ketiga MR9, Rifat juga berhak atas podium kedua untuk kejuaraan Asia Rally Championship, dimana pereli wanita Emma Gilmour tidak terdaftar sebagai peserta ARC, tetapi hanya sebagai peserta APRC," demikian berita yang diterima ANTARA dari RFT Management, Senin.

Sebanyak 34 peserta "MR9 - Ancom Malaysian Rally" yang dilepas oleh Sultan Johor, Jumat (14/8), harus bertarung dalam 16 special stage (trayek khusus) dengan jarak total 524,89 km, dimana etape I Sabtu merupakan pertarungan terberat dimana trek tertutup lumpur dan sangat licin akibat hujan seharian penuh serta dan angin ribut, sehingga 12 peserta tidak dapat menyelesaikan MR9 tersebut.

Peserta unggulan yang tidak dapat menyelesaikan reli itu antara lain pereli Jepang, Katsu Taguchi, yang empat kali menabrak pohon dan tanggul serta terbalik di SS 12, Gurav Gill (kerusakan tehnis) dan Karamjit (keluar lintasan), bahkan Rifat Sungkar/Scot Beckwith hampir tidak dapat menyelesaikan reli ini karena menabrak pohon di SS 5, sehingga intercooler-nya pecah dan turbonya rusak.

"Saya tak mau menyerah, pertarungan masih 11 SS lagi! lebih baik kalah 10 menit daripada tidak finish," ujar Rifat yang didukung oleh Garuda Indonesia, Oakley dan Bullock Tools.

"Inilah bedanya reli dan racing. Dalam reli strategy sangatlah penting. Tidak hanya tancap gas, tapi mengendalikan emosi, team work, dan melihat kondisi di lapangan adalah sangat penting untuk menuju podium finish," ujar Harris selaku Tim manager Pertamina Prima XP.

Scot Beckwith sebagai navigator (baru) -nya Rifat, menambahkan bahwa pada saat selesai survey lintasan, hampir seluruh peserta menyatakan MR9 Rally adalah reli dengan "skill and brain" (kemampuan dan otak), bukan engine and power (mesin dan tenaga). "Hal ini yang selalu saya ingatkan ke Rifat untuk tetap semangat dan bermain safe," katanya.

Putaran APRC dan ARC masih akan dilakukan dua putaran lagi, yaitu di Indonesia (Makassar) Oktober dan China November. Peserta ARC harus memilih tiga dari empat negara penyelenggara ARC yaitu Jepang, Malaysia, Indonesia dan China.

Cody Crocker memilih Jepang, Malaysia dan China. K.Taguchi, Yanagisawa, Y.Sumiyama, Emma Gilmour memilih Jepang, Indonesia, China. Gurav Gill Jepang, Malaysia, Indonesia . Rifat Sungkar dan Karamjit memilih Malaysia, Indonesia dan China.

Sampai putaran kedua di Malaysia (pertama di Hokaido), pereli Indonesia Rifat Sungkar berada di posisi ketiga dengan 11 poin, dengan urutan sebagai berikut: Cody Croker (31 poin), Katsu Taguchi (13 poin), Rifat Sungkar (11 poin), Yanagisawa (7 poin), Elma Gilmour (5 poin), Gurav Gill (3 poin), Karamjit Singh dan Y.Sumiyama (0 poin).

Dengan semangat yang membara dari team Indonesia yang terdiri dari Rifat Sungkar (driver), Scot Beckwith (navigator), Harris Gondokoesoemo (team Manager), M.Bintang (Technic Manager), Wiewie Riyanto (engine Tuner), dan crew mechanic (Mansor Ali, Budiarjo, Eno, Burki), perjuangan anak bangsa mengibarkan bendera Merah Putih di podium dipersembahkan untuk memperingati HUT Kemerdakaan RI ke 64.

"Insya Allah, perjuangan dan prestasi yang dipersembahkan ini dapat menjadikan pemicu atlet Indonesia dalam berprestasi di ajang internasional, dan mendapatkan lebih banyak dukungan dari berbagai pihak," ujar Ria Sungkar dari RFT Management.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009