Jakarta (ANTARA News) - Andhika Sasabone (11) tampil mengesankan ketika masuk dalam urutan tiga besar pada perlombaan Asia Max Zone Challenge putaran pertama akhir minggu ini yang diadakan di Speedway Karting Circuit Kuala Lumpur, Malaysia.

Di tempat sama pada 10 Agustus tahun lalu, ia tampil sebagai juara pada putaran terakhir kejuaraan gokart Malaysia, kata Art Sasabone, ayah Andhika yang juga mantan pembalap nasional ketika dihubungi Rabu.

Pada perlombaan Minggu itu, Andhika berhasil meninggalkan para seniornya setengah lap, kata Art, dengan membukukan waktu tercepat 44 menit 039 detik disusul saingannya Nabil Jeffri dengan waktu 44,172 dan Calvin Seibl 44,608

Perlombaan itu, kata Art, sempat dihentikan sekitar 15 menit pada putaran ke-11 karena terjadi kecelakaan sehingga dua pembalap di larikan ke rumah sakit. Pada saat itu Andhika berada di posisi ketiga setelah start dari posisi kedelapan.

Setelah perlombaan diadakan lagi, Andhika menyalip pembalap pada posisi kedua di tikungan R2 dan pada putaran ke-14 dia melewati Nabil Jeffri di tikungan R2 dan mendapat sorakan penonton ketika berada di urutan terdepan.

Namun hujan deras tiba-tiba turun sehingga marshal memberikan tanda bendera untuk melaju perlahan dan ketika itu Nabil kembali mengambil alih posisi pertama ketika ia memperlambat laju kendaraannya. Perlombaan, kata Art, dihentikan pada putaran ke-16.

Andhika, dalam usianya yang relatif masih muda, sudah mengikuti beberapa kejuaraan di tingkat Eropa dan Asia. "Saya akan berusaha mengikuti beberapa perlombaan Eropa dan Asia selain nasional dalam tahun ini," kata Andhika ketika akan berlaga ke Malaysia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009