Jakarta (ANTARA) - Saat ini, memodifikasi mobil merupakan hobi yang cukup digemari di kalangan pecinta otomotif. Selain untuk mengubah tampilan kendaraan, modifikasi bisa membuat pengendaranya percaya diri dan memiliki kepuasan tersendiri.

Menurut pembuat konten (content creator) kanal otomotif dari Amerika Serikat, Hondapro Jason, memulai untuk memodifikasi mobil sendiri juga memerlukan beberapa keahlian dan persiapan dasar.

"Hal terpenting sebelum melakukan modif mobil adalah mengetahui alasan mengapa kita ingin melakukannya," kata Jason saat ditemui ANTARA di sela-sela Honda Fastival 2, Kemayoran, Jakarta, Minggu.

"Apa sekadar untuk mengubah tampilan luar, kenyamanan berkendara, atau malah untuk menambah kecepatan," jelasnya.

Baca juga: 3.000 mobil dipamerkan dalam Honda Fastival 2

Baca juga: Honda Accord raih lima bintang dalam uji tabrak NCAP


Lebih lanjut, pria bernama asli Jason D Richmond itu mengatakan, dengan mengetahui hal-hal yang ingin diubah, bisa membuat pengguna lebih terencana dalam melakukan perubahan di mobilnya, tak terkecuali efisiensi biaya.

"Jadi misalnya jika kita ingin membuat mobil kita lebih cepat, kita bisa melakukan modifikasi pada mesinnya saja. Namun jika ingin mempercantik eksterior mobil, mungkin kita bisa mengubah tampilan depannya," kata pria kelahiran Illinois, AS itu.

"Karena jika kita tidak tahu apa keinginan kita sebenarnya, bisa-bisa modifikasi kita sia-sia dan hanya menghamburkan uang saja," lanjut dia.

Baca juga: Tiga modifikator terbaik Honda Modif Contest 2019

Baca juga: Kolaborasi Honda-Vattenfall untuk keluwesan tarif daya mobil listrik


​​​​​Ketika ditanya mengenai bagian mobil mana yang menjadi favoritnya untuk dimodifikasi, Jason menjawab bahwa dia biasa mengubah rem, suspensi, dan roda pada mobilnya.

Menurutnya, ketiga hal tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam kecepatan dan kenyamanan mengemudi.

Sementara itu, Jason akan berbagi pengalamannya dan tips-tips mengenai pembuatan konten kreatif otomotif hari ini pada acara Honda Fastival 2 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Jason sendiri dulunya merupakan seorang sales yang bekerja selama 12 tahun di diler Honda Schaumburg. Pengalamannya itu membuatnya dijuluki sebagai "HondaPro Jason".

Pada 2015, ia memulai debutnya sebagai pembuat konten di YouTube yang mengulas produk-produk Honda di kanal HondaPro Jason, yang hingga kini mencapai lebih dari 145 ribu pelanggan.

Baca juga: Honda CB4X, motor 4 silinder gabungkan konsep "sport & touring"

Baca juga: Brio dan HR-V andalan penjualan Honda Oktober

Baca juga: CBR1000RR-R Fireblade, bintang Honda di panggung EICMA

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019