Jakarta (ANTARA) - Musisi Eddi Hidayatullah atau akrab disapa Eddi Brokoli menepis anggapan bahwa motor listrik tidak memberikan kesenangan dalam berkendara, kendati penggunaan dan daya jelajahnya tidak seperti motor besar.

Menurut vokalis band era 1990-an Harapan Jaya yang memiliki tujuh unit sepeda motor itu, sepeda motor listrik memberikan kesenangan berkendara untuk jarak dekat. Untuk itu, jika ada kesempatan, ia mau memiliki satu sepeda motor listrik.

"Kalau perlu gua miliki, ya akan gua miliki, tak masalah. Penggunaannya tapi terbatas. Penggunaannya untuk jarak dekat, minimal ke minimarket, muter-muter daerah komplek," kata Eddi Brokoli kepada ANTARA, Selasa (24/9).

Kendati demikian, Eddi tidak menyebutkan jenis sepeda motor listrik apa yang ia inginkan.

Eddi Brokoli yang menjadi pembawa acara musik dan bermain dalam beberapa film, merupakan penggemar berbagai jenis sepeda motor. Dalam akun Instagram pribadi, ia sering mengunggah kesenangannya menunggangi kuda besi besar, trail, adventure, hingga Vespa.

Menurut dia, apapun jenis sepeda motor dapat memberikan kesenangan, asalkan digunakan sesuai fungsinya.

"Gua punya motor, yang tujuh berbahan bensin semua, jika tambah yang satu listrik, maka akan tambah dong kesenangan gua. Motor listrik untuk jarak dekat, tapi kalau riding jauh-jauh enggak akan gua pakai," katanya.

Sepeda motor berkapasitas mesin (cc) besar umumnya mengeluarkan raungan suara mesin yang berisik, namun memberikan kesenangan bagi pemiliknya karena menjadi pusat perhatian di jalan.

Sedangkan sepeda motor listrik tidak mengeluarkan suara, karena berjalan melalui dinamo yang digerakkan baterai.

Bagi Eddi, hal itu tidak menjadi masalah karena suara mesin yang besar bukanlah sumber kesenangan dalam berkendara, melainkan sisi pengalaman dalam suatu perjalanan yang menciptakan kegembiraan.

"Lu mau berisikin tetangga lu tiap hari? Enggak juga kan?," seloroh Eddi.

"Gua sesekali pulang jam 2 pagi pakai motor BSA. (saat dekat rumah) Gua matikan motornya, sumpah gua dorong. Bagaimana kalau tetangga gua ada yang lagi sakit?" katanya.

"Jadi enggak masalah kalau motor enggak ada bunyinya," kata Eddi.


Baca juga: Menperin jajal motor listrik dengan sistem ganti baterai

Baca juga: Populasi motor listrik ditargetkan capai dua juta unit pada 2025

Baca juga: Darius Sinathrya punya hobi baru, "touring" naik motor

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019